AMIN Bertemu Habib Rizieq, GNPF Ulama Sebut Tak Ada Pembicaraan Khusus

AMIN-dan-Habib-Rizieq-Syihab.jpg
(Via suara.com/istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bertemu dengan Habib Rizieq Shihab, Rabu (27/9/2023) malam.

Pertemuan itu dibenarkan Ketua Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Ulama, Yusuf Martak. Yusuf yang turut hadir dalam pertemuan menegaskan kehadiran Anies-Muhaimin sebatas memenuhi undangan pernikahan.

Sebelumnya, Yusuf membenarkan terkait foto pertemuan yang beredar, di mana tampak Yusuf yang juga hadir di belakang Anies-Muhaimin dan Rizieq. Berdasarkan informasi dari Yusuf, diketahui dua petinggi NasDem dan PKB turut mendampingi kehadiran Anies-Muhaimin di kediaman Rizieq.

"Fotonya benar sekali, tidak salah, tadi sekitar jam 19.50 pasangan AMIN, yaitu Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar didampingi oleh Jazilul Fawaid, Wakil Ketua Umum PKB dan Ahmad Ali, Wakil Ketua Umum dari NasDem menghadiri akad nikah putri Habib Rizieq yang keenam," kata Yusuf kepada Suara.com, Rabu (27/9/2023).

Yusuf mengatakan pertemuan yang terjadi di resepsi pernikahan putri Rizieq itu merupakan pertemuan normatif. Ia memandang menjadi hal wajar bila kemudian Anies datang untuk memenuhi undangan Rizieq.

"Dan ini hal yang normatif karena biar bagaimanapun kan teman seperjuangan, saat itu Anies bisa menjadi gubernur atas perjuangan dan support dari Habib Rizieq. Jadi saya pikir wajar dan selayaknya memang Anies menghadiri," ujar Yusuf.

Yusuf memastikan tidak ada pembicaraan lain di luar acara pernikahan antara AMIN dan Rizieq. Menurutnya bisa diatur waktu apabila memang ada hal lain yang mau dibicarakan nantinya.

"Dan alhamdulillah tadi terjadi pertemuan dalam silaturahim yang cukup bermanfaat dan mengandung barokah. Ya namanya di perkawinan ya tidak membicarakan apa-apa, kalau mau bicara yang lain-lain itu kan bisa nanti diatur waktunya tapi yang tadi hanya sebatas itu saja, terima kasih," kata Yusuf.

Bukan Pertemuan Politik


Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membenarkan pertemuan antara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan Habib Rizieq Syihab. Tetapi PKB menegaskan pertemuan yang turut dihadiri ketua umum mereka itu bukan pertemuan politik.

Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim menegaskan baik Anies maupun Muhaimin atau Cak Imin bertemu Rizieq untuk memenuhi undangan pernikahan.

"Setahu saya beliau hadir karena diundang oleh Habib Rizieq Syihab dalam pernikahan putri beliau," kata Lukmanul dikonfirmasi Suara.com, Rabu (27/9/2023).

Berdasarkan hal itu, Lukmanul menegaskan bahwa pertemuan pasangan AMIN dengan Rizieq bukan merupakan pertemuan politik.

"Jadi bukan pertemuan politik atau punya agenda khusus. Jadi kehadiran Mas Anies dan Gus Imin untuk hormat atas undangan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab," ujar Lukmanul.

Hanya Penuhi Undangan

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu dengan Habib Rizieq Syihab. Pertemuan tersebut diketahui melalui foto yang beredar.

NasDem yang mengetahui pertemuan Anies-Imin dan HRS menegaskan pertamuan tersebut bukan merupakan pertemuan yang direncanakan.

Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim mengatakan keduanya bertemu Rizieq karena memenuhi undangan. Adapun undangan tersebut berkaitan dengan resepsi pernikahan putri Rizieq, yakni Syarifah Fairuz Syihab dan Sayyid Muhammad Bagir Alathas di Majelis Talim Markaz Syari'ah, Jalan Petamburan 3, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Imin menghadiri undangan pernikahan putri HRS," kata Hermawi kepada Suara.com, Rabu (27/9/2023).

Sementara itu terkait kedatangan Imin bersama Anies, Hermawi menegaskan, selain kepada Imin, Rizieq turut mengundang Anies.

"Keduanya diundang, dan kebetulan bersamaan waktu kehadirannya. tidak ada janjian, tidak ada janjian. Ketemu secara alami," kata Hermawi.

Menurut Hermawi tidak ada yang salah dari pertemuan, Rabu malam ini antara Anies-Imin dan Rizieq. NasDem memandang pertemuan dalam rangka memenuhi undangan pernikahan itu merupakan silaturahmi yang lumrah.

"Memenuhi undangan adalah sesuatu hal yang lumrah sebagai bagian dari silahturahmi sesama anak bangsa," kata Hermawi dikutip dari suara.com