Prabowo hingga Cak Imin Dilaporkan Relawan Ganjar ke Bawaslu Usai Deklarasi di Museum

Deklarasi-capres-prabowo-di-museum.jpg
(Suara.com/Alfian Winanto)

RIAU ONLINE - Masyarakat Pencinta Museum Indonesia (MPMI) melalui Ganjaraian Spartan melaporkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

MPMI dan Ganjarian Spartan melaporkan Prabowo dan tiga ketua umum lainnya ke Bawaslu lantaran mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo sebagai calon presiden di Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Rahayu Saraswati, mengaku tak ambil pusing. Menurutnya, tidak ada aturan yang dilanggar dalam acara tersebut.

"Kalau dari saya ketahui, aturannya tak menyalahi dan (sudah) dapat izin," kata Saras dikutip dari Suara.com, Jumat, 18 Agustus 2023.

"Saya rasa itu harus dilihat saja aturan mana (yang dilanggar)," tambah dia.

Namun, Saras menghormati proses yang berlangsung di Bawaslu terkait aduan tersebut. Sebab, kata dia, semua orang berhak untuk melaporkan peserta pemilu kepada Bawaslu.


Ia menilai laporan itu tidak akan menjadi sengketa pemilu karena pihaknya telah mengantongi izin untuk menyelenggarakan acara di Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

"Kami tak mungkin pakai itu tanpa izin dari pengelola museum," tandas Saras.

Ganjarian Spartan DKI Jakarta dan MPMI sebelumnya melaporkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkfli Hasan, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang hadir dalam acara tersebut.

Ketua Ganjarian Spartan DKI Jakarta Anggiat Tobing menjelaskan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum, terdapat sejumlah batasan agar museum tidak berkelindan dengan kepentingan politik tertentu.

Hal itu diatur dalam pasal 39 ayat (2) terkait kerja sama pengembangan museum dan pasal 55 ayat (1) terkait peran serta masyarakat dalam pengelolaan museum.

“Deklarasi itu merupakan kegiatan politik yang kami pandang adalah kegiatan politik kepartaian yang memiliki kepentingan politik tertentu, merupakan bagian dari kampanye pak Prabowo,” kata Tobing, Rabu, 16 Agustus 2023.

PAN dan Partai Golkar meresmikan dukungannya kepada capres sekaligus ketua umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam pilpres 2024 di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu, 13 Agustus 2023.