Tip Mengetahui Keberadaan Kamera Tersembunyi di Ruangan Tempatmu Menginap

kamera-tersembunyi2.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kamera tersembunyi sering digunakan orang yang tidak bertanggungjawab untu mengintip ativitas orang lain. Benda itu sering ditemukan di tempat menginap dan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pecinta traveling.

Pasalnya ada saja oknum nakal yang berusaha mengintai privasi seseorang untuk tindakan yang tidak pantas.

Melansir The Verge, Rabu (18/1/2023), sebenarnya terdapat beberapa untuk mendeteksi kamera tersembunyi di tempat Anda menginap. Salah satunya cukup menggunakan smartphone.

Kamera tersembunyi biasanya masih menggunakan cahaya inframerah untuk menangkap gambar.

Dalam hal ini, meski cahaya inframerah tidak dapat tertangkap oleh mata manusia. Namun sensor pada kamera smartphone seharusnya dapat melakukannya.

Untuk menggunakannya, pemilik smartphone terlebih dulu harus memeriksa perangkat untuk menemukan sinyal inframerah dengan menggunakan TV atau remote lainnya.


Sebab pada beberapa smartphone, hanya kamera depan yang dapat menangkap cahaya inframerah.

Berikut cara menggunakannya :

1. Nyalakan kamera ponsel Anda dan arahkan ke remote.

2. Nyalakan remote dan cari lampu kecil, stabil atau berkedip.

3. Selanjutnya Anda akan melihat warna merah muda keunguan. Jika Anda sudah mencobanya dengan kamera belakang dan tidak melihat cahaya kecil, coba dengan kamera depan.

4. Selanjutnya buat kondisi ruangan segelap mungkin, hal ini untuk menangkap kamera cahaya inframerah yang dipancarkan kamera tersembunyi.

5. Jika memang ada kemera tersembunyi, Anda dapat dengan mudah melihatnya.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi seperti aplikasi Fing, yang tersedia untuk Android dan iOS. Demikian cara mencari kamera tersembunyi di tempat Anda menginap dikutip dari suara.com