Nekat, Pria Ini Tukar Avanza dengan 2 Pot Philodendron dan Caladium

Barter-bunga-dengan-avanza.jpg

RIAU ONLINE, KEDIRI-Video transaksi pemilik dan kolentor bunga di Kediri viral di media sosial. Video itu memperlihatkan sebuah transaksi tidak biasa, di mana satu unit mobil berjenis Avanza ditukar dengan lima pot tanaman hias. Dalam video dua orang laki-laki yang sedang berjabat tangan di depan sebuah mobil Avanza berwarna hitam. Keduanya sama-sama memegang pot tanaman.

“Deal, sebuah unit Avanza tukar sama Philo dan Caladium,” ujar sang perekam video. Video yang diunggah oleh akun Instagram Medsos Kediri itu menuliskan bahwa transaksi ini terjadi di Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kediri, Jawa Timur. “Heboh di Kediri, sebuah Transaksi barter antara sebuah mobil dengan kembang.

Lokasi di desa doko, kec ngasem, sebuah unit avanza barter dengan tanaman hias berupa Pilo dan Caladium oleh seorang kolektor dengan bakul kembang????,,, lumayan lur kenek gawe mahar,” tulsi keterangan dalam unggahan tersebut.

Bagaimana mungkin tanaman bisa ditukar mobil? Mengapa harga tanaman bisa begitu tinggi? Menurut Tisi, owner dari Oranje Garden kepada Kompas.com, salah satu jenis tanaman dalam video tersebut adalah Philodendron florida beauty, yang merupakan tanaman hias yang langka dan terkenal mahal.

“Yang saat ini pasarannya per daun di atas Rp 2 juta,” ujar Tisi saat dihubungi Selasa 17 November 2020. Sayangnya, dalam video tak terlihat dengan jelas apa jenis caladium yang dijadikan bahan barter. Yang jelas, kata Tisi, Caladium bisa berharga tinggi bila dia tergolong Caladium Hybrid. “Hasil persilangan yang baru, harganya bisa puluhan juta (rupiah),” kata Tisi.

 

4 Cara Memperbanyak Caladium dan Tanaman Talas Lainnya

Caladium

Namun, Tisi tak bisa memastikan apakah lima pot tanaman dalam video benar-benar bisa ditukar dengan satu unit Avanza. Harga dari mobil itu juga tak diketahui jelas tahunnya, sehingga harganya pun tak bisa dikira-kira. “Kembali lagi, suatu transaksi bisa terjadi bila ada kata sepakat diantara kedua belah pihak,” kata Tisi. Untuk itu, jika pemilik mobil merasa nilai dari harga mobil dan tanaman setara, transaksi pun bisa terjadi.

Tanaman jenis Family Araceae masih menjadi yang termahal diantara deretan tanaman hias yang kini sedang populer. Beberapa jenis yang kini sedang berharga tinggi diantaranya, Philodendron, Anthurium, Alocasia, Caladium, maupun Syngonium. “Untuk harganya tergantung dari jumlah daun, usia tanaman, bentuk pertumbuhannya, dan corak dari daunnya,” kata Tisi

Sayangnya, tak ada patokan harga tertentu untuk tanaman ini. Harganya bisa naik dan turun tergantung bentuk dan kelangkaannya. Mahalnya harga tanaman hias tertentu juga bisa terjadi karena banyaknya permintaan pasar. “Sesuai dengan hukum pasar, ketersediaan tanaman yang tidak bisa mencukupi permintaan, mengakibatkan harga menjadi tinggi,” ujar Tisi.

 Artikel ini sudah terbit di kompas.com