Kekurangan 159 Ribu Guru Agama, Kemenag: Ada 37,8 Juta Siswa di Penjuru Negeri

Ilustrasi-Guru-Agama.jpg
(PALOPO POS)

RIAU ONLINE - Indonesia saat ini mengalami kekurangan guru agama di sekolah-sekolah umum. Hal ini diungkapkan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Disebutkan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ishom Yusqi, sekolah-sekolah umum di Indonesia mengalami kekurangan hingga sekitar 159.000 guru agama.

“Itu untuk semua jenjang dari TK, SD, SMP, dan SMA berdasarkan kebutuhan per kelas,” ujar Muhammad Ishom Yusqi, melansir Anadolu Agency, Sabtu, 24 Maret 2018.

Menurut Ishom, kebutuhan tersebut merata dari mulai Aceh hingga Papua. Untuk itu, lanjut Ishom, Kementerian Agama akan memaksimalkan rekrutmen guru pada tahun 2018 untuk menutupi kekurangan guru agama.

“Kuotanya ada 3000an. Tapi untuk lebih lengkapnya masih menunggu dari Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” jelas Ishom.

Selain itu, Direktur Pendidikan Agama Islam Imam Syafii mengaku tengah mengajukan usulan formasi guru agama dan sedang dibahas oleh Komisi VIII DPR RI.

Menurut Imam, sampai saat ini jumlah guru agama di Indonesia hanya tinggal 189 ribu. Sedangkan, jumlah siswa di seluruh penjuru negeri mencapai 37,8 juta siswa.

Dengan demikian, satu orang guru harus mampu mengajar 200 siswa. “Ini sangat kurang,” kata Imam.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id