Ini Negara Pemasok Sabu Terbesar ke Indonesia

Sabu2.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso menyebutkan terdapat 11 negara yang menjadi pemasok aktif berbagai narkoba ke Indonesia. China menjadi negara pemasok sabu terbesar ke Indonesia.

"Tapi terbesar presentasenya dari China. Nah kalau ekstasi terbesar dari Eropa, Amsterdam, Jerman," kata pria yang kerap disapa Buwas ini, seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 7 Februari 2018.

Singapura, lanjut Buwas, juga turut menjadi penyuplai narkoba ke Indonesia, namun negara bukan produsen pembuatnya. "Nah dia transit, terus ada jaringannya ada di sana, terus dia suplai ke Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, permintaan narkoba di Indonesia besar dan begitu pula dengan jaringan pengedarnya. Hal ini membuat persoalan narkoba di Indonesia sulit untuk dimusnahkan.

Baca Juga Jaringan Narkoba Medan-Aceh Ditangkap, 14 Ribu Butir Ekstasi Disita

"Terus di sini ada upaya-upaya meregenerisasi pangsa pasar yang dilakukan oleh jaringan. Jaringan ingin selalu eksis laku," kata dia.

Para jaringan narkoba, ungkap Buwas memanfaatkan 10 persen dari hasil kekuatan penjualan narkoba untuk membiayai regenerasi pangsa pasarnya. Hal ini, menurutnya membuat para pengguna narkoba di Indonesia tak terputus.

"Dia kan harus ada regenerasi pangsa pasar, maka dia memanfaatkan 10 persen dari hasil penjualan narkotika untuk membiayai regenerasi pangsa pasar. Itu yang harus kita pahami," ungkap Buwas.