KH Hasyim Muzadi Wafat, Masyarakat Indonesia Berduka

KH-Hasyim-Muzadi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Bangsa Indonesia kembali berduka. Mantan Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Muzadi, dipanggil Allah SWT, Kamis, 16 Maret 2017. 

Informasi di[eroleh RIAUONLINE.CO.IDKH Hasyim Muzadi wafat sekitar pukul 06.15 WIB. Dari pesan berantai diperoleh dari putra almarhum, Yusron Shidqi, jenazah akan dibawa ke Pesantren Al Hikam, Depok dari Malang, Jawa Timur, usai Salat Zuhur ini. 

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kullu nafsin dzaiqotul maut. Lahu ma akhodz wa lahu ma a'tho. Telah meninggal dunia KH Ahmad Hasyim Muzadi, ghafarallahu lahu, pada pagi ini, hari kamis, 16 maret 2017 pada pukul 6.15 wib. Jenazah insyaallah akan diberangkatkan ke pesantren alhikam depok dari malang bakda dzuhur hari ini, dan akan dishalatkan di masjid alhikam setibanya di pesantren," tulis pesan berantai tersebut. 

Sementara itu di jagat maya, meninggal dunianya KH Hasyim Muzadi menjadi trending topik di Twittland. Hingga pukul 08.00 WIB, sudah 16.700 membincangkan wafatnya ulama sepuh tersebut. 

Di akunnya, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menuliskan, "Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-faatihah..," 

Demikian juga dengan akun mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD. Ia menuliskan, KH Hasyim Muzadi sudah wafat. Kematian bagi kita seperti menungu kereta-kereta lewat. Tinggal mau ikut yang sekarang atau berikutnya atau berikutnya lagi. 

"Kyai Hasyim Muzadi adl tokoh yg bisa mencontohkan kpd kita bagaimana hidup dalam keindonesiaan dan keislaman yg damai dan berprinsip. KH Hasyim Muzadi kalau berceramah kocak tp tak sembarang melucu. Melucunya penuh makna substantif. Agama dihayatinya dgn damai dan toleran," cuitnya.

Hasyim Muzadi meninggal setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, akibat sakit yang dideritanya. Kesehatan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam itu belum stabil sejak sakit pada awal tahun lalu.

Hasyim Muzadi pun sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang selama 10 hari. Kemudian, Sabtu, 11 Maret 2017, Hasyim Muzadi kembali dilarikan ke Rumah Sakit Lavalette. Lusanya, Senin, 13 Maret 2017, ia pulang ke kediamannya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline