Jokowi akan Bahas Kebakaran Hutan di COP21 Paris

Jokowi-ke-Lahan-Gambut-di-Rimbo-Panjang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini bertolak ke Paris, Prancis, untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim. Di sana ia juga akan membahas kebakaran hutan dan lahan Indonesia serta restorasi lahan gambut.

 

Jokowi mengatakan, dirinya akan menyempatkan diri bertemu LSM asing atau lembaga non pemerintah lainnya guna membahas kebakaran hutan dan lahan Indonesia. Tujuannya untuk memulihkan lahan gambut Indonesia pasca-kebakaran.

 

“Ya nanti akan kita ajak LSM dan NGO untuk berbicara dalam waktu yang sangat pendek untuk merestorasi gambut kita. Mungkin ada wilayah-wilayah tertentu yang harus dicabut izinnya,” ujarnya, Minggu (29/11/2015). (BACA JUGA: Antisipasi Teror, Seperti Ini Pengamanan Konferensi Perubahan Iklim Paris)


 

Pria asal Solo itu juga akan menyoroti penggunaan lahan tertentu yang harusnya tidak diperbolehkan digunakan untuk lahan sawit. Oleh karena itu, izin perusahaan yang diduga melanggar aturan akan ditinjau.

 

Sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Akibatnya, kabut asap muncul hingga menewaskan sejumlah warga.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline