ÔĽŅ

(Video) Hutan Rawa Gambut Penting Dijaga Kelestariannya

 

RIAU ONLINE - Pentingnya memberi perlindungan terhadap lahan gambut diperlihatkan pada video ini. Lahan rawa gambut yang terbentuk dari sampah pepohonan, ranting dan berbagai material organik yang jatuh ke tanah dan berproses selama ribuan tahun. Lahan bergambut memiliki kemampuan meyimpan karbon yang besar.

 

Karbon yang tersimpan dalam tanah tersebut akan membentuk kubah gambut. Hutan yang memiliki rawa gambut sering terjadi hujan. Daratan yang datar, hutan yang lebat yang bersifat mengikat air seperti spons akan menjaga gambut tetap basah sepanjang tahun.

 

Gambut yang selalu dalam kondisi basah yang terjaga sepanjang tahun ini akan menghentikan proses pebusukan sehingga karbon akan tetap tersimpan di dalam tanah.

 

Namun, kondisi akan berbeda saat pohon dipotong dan menggali sebuah parit atau kanal untuk mengalirkan potongan kayu dari hutan. Hal ini akan membuat air yang tersimpan di dalam gambut mengalir keluar melalui parit.

 

 

Edukasi perlindungan gambut

Video ini akan menjelaskan pentingnya perlindungan lahan gambut untuk mencegah berulangnya tragedi asap. Satu lagi informasi penting: sekat kanal yang dibangun di lahan gambut bertujuan menghentikan proses pengeringan gambut oleh kanal-kanal, sehingga lahan gambut tetap basah seperti sifat alaminya.www.kepoitubaik.comKredit video: Indonesia Climate Change Center (ICCC). Video dipublikasikan pertama kali di youtube oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) bulan Agustus 2014. Produksi dari Borneo Productions International (BPI). Konsep oleh: Björn Vaughn. Konsultan oleh Nick Mawdsley. Supervisi animasi oleh Andhika Rhaiditya.

Posted by Greenpeace Indonesia on 28 Oktober 2015

 

 

Penebangan pohon di hutan akan menyisakan lahan kosong membuat cahaya masuk ke hutan dan suhu udara naik. Aktivitas dalam skala kecil akan berdampak kecil dan hutan gambut akan tumbuh kembali.

 

Tapi bayangkan jika aktivitas ini dilakukan dalam skala besar maka karbon yang terlepas akan terjadi dalam jumlah besar pula. Jika gambut terkena api karbon akan mempercepat lepasnya karbon ke atmosfir.

 

Mari jaga dan selamatkan gambut kita, karena jika kita berteman dengan alam, maka alam akan bersahabat dengan kita.

 

 Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: Greenpeace Indonesia (Fans Page)