833 Hotspot di Sumatera, Visibility di Riau Kurang Dari 500 Meter

padamkan-karhutla.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HUMAS POLDA RIAU)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau menyebutkan, pada Sabtu (12/9/2015) kembali pantau 833 titik panas di Sumatera denan titik terbanyak terdapat di Sumatera, 621 titik. Asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan tersebut membuat jarak pandang (visibility) di Pekanbaru kurang dari 500 meter.

 

Khusus Provinsi Riau, terdeteksi oleh Satelit Terra dan Aqua sebanyak 14 titik panas. "Titik panas di Provinsi Riau terdeteksi berjumlah 14 titik yang tersebar di Kampar 8 titik, Pelalawan 3 titik serta Kuansing, Siak dan Indragiri Hulu masing-masing 1 titik," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, Sabtu (12/9/2015). (BACA JUGA : Inilah Alasan Klasik Polisi saat Tangani Kasus Asap Riau)

 

Akibat kebakran hutan dan lahan yang terjadi di Riau dan beberapa daerah di Sumatera, kabut asap tebal masih menyelimuti Provinsi Riau. Jarak pandang di beberapa wilayah tidak lebih dari 500 meter. "Jarak pandang di Kota Pekanbaru, Rengat dan Pelalawan hanya 100 meter serta Dumai 500 meter," tutur Sugarin. (BACA JUGA: Lahan Tiga Perusahaan Ini Ditemukan Terbakar)

 

Menurunya, secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau cerah berawan disertai kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan tidak merata pada siang atau sore hari terjadi di wilayah Riau bagian utara.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline