Soal Asap, Ini Solusinya Untuk Riau

Meme-Asap-Riau.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU – Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam yang diusung Koalisi Penyelamat Sumber Daya Alam Riau (Koalisi PSDA Riau) dinilai mampu selesaikan permasalahan asap Riau. Gerakan ini diharapkan mampu menyelesaikan semua konflik sumber daya alam yang terjadi.

 

Dinamisator Koalisi PSDA Riau, Muslim Rasyid mengatakan konflik yang terjadi selama ini baik manusia dengan gajah ataupun harimau, atau antara masyarakat dengan pemerintah atau perusahaan bisa diselesaikan.

 

“Di tengah-tengah deforestasi-degradasi yang terjadi secara terstruktur, masif dan sistematis di Riau melalui produk hukum yang menguntungkan korporasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupaya menghentikan praktek-praktek tersebut melalui Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam bersama Gubernur dan Kementrian,” ujar mantan Koordinator Jikalahari ini, Kamis (10/9/2015).

 

Dalam GNPSDA Pemerintah Daerah harus menyelesaikan: pengukuhan kawasan hutan, penataan ruang dan wilayah administrasi, penataan perizinan kehutanan dan perkebunan, perluasan wilayah kelola masyarakat, penyelesaian konflik kawasan hutan, penguatan isntrumen lingkungan hidup dalam perlindungan hutan dan membangun system pengendalian anti korupsi yang kuat.

 

(BACA: Fitra Sarankan Anggaran Berbasis Lingkungan Masuk APBD

 

GNPSDA sejalan dengan arahan dari Presiden Jokowi yang memerintahkan agar Menteri dan Gubernur segera mungkin membuat terobosan solusi permanen untuk mengatasi bencana asap agar tidak terjadi lagi. “Solusi konkret yang permanen menurut kami adalah dengan mengimplementasikan GNPDA KPK,” kata Muslim Rasyid.

 

(KLIK: Terpantau 118 titik panas Sumatera, Riau Nihil

 

Menurut Muslim arahan Presiden Jokowi pada 4 September lalu untuk mengatasi bencana kabut asap di Riau harus diapresiasi sebagai bentuk kepedulian melaksanakan tanggung jawab. Presiden telah mengerahkan 1 pesawat dan 3 helicopter untuk melakukan pemadaman secara cepat.

 

GNPSDA KPK merupakan salah satu dari 4 langkah yang ditawarkan oleh Koalisi PSDA Riau kepada Pemerintah untuk mengatasi masalah kabut asap yang terjadi selama 18 tahun terakhir.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline