BMKG Prediksi Bakal Ada Hujan Malam Ini

Alat-ISPU.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/LISDA YULIANTI HERNINA)

RIAUONLINE, PEKANBARUInfo cuaca dan titik panas yang terjadi di Riau Jumat (10/7/2015), pukul 16.00 WIB, tercatat menurun dibandingkan pagi harinya, pukul 07.00 tadi pagi.

 

Dari pantauan Badan Metereologi Klimatogi dan Metereologi (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Jumat sore hanya terdapat tiga titik api di Kabupaten Rohil dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen.

 

"Secara umum kondisi cuaca Provinsi Riau cerah berawan. Peluang curah hujan dengan intensitas ringan tidak merata pada malam atau malam dini hari terjadi di wilayah Riau bagian Utara dan Pesisir Timur," kata Kepala BMKG Provinsi Riau, Sugari. 

 

(Baca Juga : Udara tak Sehat Akibat 192 Titik Api di Riau

 

Menurut alat pemantau PM10, ISPU Stamet Pekanbaru berada dalam kategori sedang dan jarak pandang di Kota Pekanbaru sejauh delapan kilometer.

 

Sebelumnya, Satelit Tera dan Aqua BMKG Provinsi Riau mencatat terdapat 215 titik api yang terjadi di Sumatera. 192 diantaranya terdapat di Riau dan hampir terjadi di seluruh kabupaten/kota.

 

"Menurut data terbaru pukul 07.00 hari ini, terdapat 215 titik panas di Sumatera dan 192 di antaranya terdapat di Riau," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Provinsi Riau, Sugarin, Jumat pagi, kepada RIAUONLINE.CO.ID.

 

(Baca Juga : HTI Penyumbang Terbesar Titik Api

 

Titik panas terbanyak di Riau berada di Rokan Hilir 63 titik, disusul Pelalawan 53 titik, Inhu 20 titik, Bengkalis 17 titik, Kuansing 13 titik, Dumai 11 titik, Kampar 5 titik, Siak 4 titik, Inhil 3 titik, dan Pekanbaru 3 titik.

 

Adapun dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen terdapat 136 titik yakni Rohil 52 titik, Pelalawan 40 titik, Inhu 13 titik, Bengkalis 11 titik, Dumai 8 titik, Kuansing 6 titik, Kampar 2 titik, Pekanbaru 2 titik, Inhil 1 titik, dan Siak 1 titik.

(Baca Juga : ISPA Mulai Jangkiti Warga Pekanbaru)



Sugari menjelaskan, untuk jarak pandang di Pekanbaru pada hari ini yaitu 5 km, Pelalawan 5 km, Rengat 5 km, dan Dumai 5 km.

"Hari ini kondisi cuaca di Provinsi Riau cerah berawan. Peluang curah hujan dengan intensitas ringan tidak merata pada malam atau dini hari terjadi di wilayah Riau bagian tengah dan pesisir timur," kata Sugari.

Sugari melanjutkan, menurut alat pemantau PM10, ISPU Stamet Pekanbaru tercatat dalam kategori sedang.