Mendarat di Indonesia, Penampakan Pesawat Super Hercules C-130J untuk TNI AU

Menhan-Prabowo-serahkan-pesawat.jpg
(Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

RIAU ONLINE - Pesawat Super Hercules C-130J mendarat di Indonesia dari Amerika Serikat. Pesawat Super Hercules ini adalah yang kedua tiba di Indonesia.

Kedatangan pesawat produksi Lockheed Martin tersebut di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Kamis, 6 Juli 2023, disambut Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto didampingi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Pesawat super herculesFoto: Jamal Ramadhan/kumparan

Pesawat tersebut kemudian diserahkan Prabowo kepada TNI AU. Serah terima tersebut ditandai dengan pemberian replika kunci secara simbolis sebagai tanda pesawat siap untuk dioperasionalkan oleh TNI AU.

Sebelum menyerahkan replika kunci kepada KSAU Marsekal Fadjar, Prabowo melakukan penyiraman dan pecah kendi di Pesawat Super Hercules dengan tail number A-1340, seperti dilansir dari kumparan.

Pesawat super hercules2Foto: Jamal Ramadhan/kumparan


Usai diserahkan kepada TNI AU, Prabowo dan Marsekal Fadjar mengajak jurnalis masuk ke dalam pesawat untuk joy flight dipiloti Mayor Pnb Chandra.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) memesan lima unit pesawat C-130J. Pesawat Super Hercules pertama sudah datang pada awal bulan Maret 2023.

Pesawat super hercules3Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Pesawat ketiga akan datang pada bulan Juli 2023, dilanjutkan pesawat keempat pada bulan Oktober 2023 dan akhirnya pesawat kelima direncanakan tiba pada bulan Januari 2024.

Pesawat C-130J Super Hercules ini performa terbangnya jauh lebih baik dari jenis pendahulunya.

Pesawat super hercules4Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Selain itu, pesawat ini juga memiliki fitur-fitur baru seperti perlindungan bahan bakar, sistem kargo, sistem navigasi canggih dan glass cockpit seperti layaknya sebuah pesawat militer modern.