Son Heung-min Tak Berdaya, Taegeuk Warriors Tumbang, Yordania Melaju ke Final

Timnas-Yordania.jpg
(instagram@afcasiancup)

RIAU ONLINE, QATAR-Korea Selatan pulang kampung usai dikalahkan Yordania di semifinal Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Doha, Qatar, Selasa (6/2/2024).

Dalam laga itu, The Chivalros menang meyakinkan dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Yordania masing-masing dicetak oleh Yazan Al-Naimat dan Musa Al-Taamari.

Kemenangan ini sekaligus menjadi sejarah baru bagi Yordania, di mana mereka untuk pertama kalinya akan tampil di partai final Piala Asia.

Di final, mereka akan menghadapi pemenang laga antara Iran vs Qatar yang akan digelar di Stadion Al Thumama pada Rabu (7/2/2024) malam WIB.

Jalannya Pertandingan

Bermain agresif sejak peluit kick-off dibunyikan, Yordania nyaris mengubah papan skor di menit keempat. Mendapat ruang, Nizar Al Rashdan melepaskan tendangan jarak jauh, namun bola berhasil dibendung penjaga gawang Jo Hyeon Woo.

Hingga menit ke-15, Korea Selatan gagal mengembangkan permainan. Kerap kehilangan bola, Son Heung-min dan kawan-kawan belum mampu keluar dari tekanan Yordania.

Memasuki menit 18, Jo Hyeon Woo kembali melakukan penyelamatan gemilang. Kali ini tendangan keras Bara'a Marie yang berhasil digagalkan.

Semenit berselang, Taeguk Warriors memberikan kejutan lewat serangan cepat. Menerima umpan terobosan dari lini belakang, Son Heung-min berhasil menggetarkan gawang Yordania.


Sayang, gol tersebut tidak disahkan wasit lantaran winger Tottenham Hotspur itu sudah berada dalam posisi offside.

Perlahan tapi pasti, Korsel mulai keluar dari tekanan. Lewat umpan-umpan panjang, peluang mereka dapatkan di menit 24.

Berhasil merebut bola dari kaki lawan, Seol Young Woo melepaskan umpan silang. Lee Kang In yang dituju langsung menyambar bola, namun si kulit bundar melayang jauh dari sasaran.

Aksi Yazan Al Naimat membuat ketar-ketir pertahanan Korsel. Menggiring bola dari sisi lapangan, Yazan yang berhasil melewati bek lawan melepaskan tembakan tepat ke gawang. Beruntung bagi Korsel, bola berhasil diamankan Jo Hyeon Woo.

Korsel berbalik mengancam dan nyaris mengubah papan skor di menit 32. Menyambut umpan silang Hwang In Beom, Lee Jae Sung melepaskan tandukkan keras ke sisi kiri gawang, namun bola membentur tiang.

Hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan.

Delapan menit bola bergulir di babak kedua, kesalahan back pass pemain Korsel berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Yordania.

Merebut bola dari kaki pemain Korsel, Musa Al Taamari menggiring bola kemudian melepasnya ke tengah kotak. Yazan Al-Naimat yang dituju tidak mensia-siakan peluang tersebut dan menjebol gawang Jo. Yordania memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, Korsel mencoba bangkit. Akan tetapi serangan yang mereka bangun kerap terhenti di lini tengah.

Di menit 66 Yordania berhasil menggandakan keunggulan. Menyambut umpan Nizar Al Rashdan, Musa Al Taamari mengubah kedudukan menjadi 2-0 yang bertahan hingga laga usai dikutip dari suara.com

Susunan Pemain

Yordania: Yazeed Abulaila; Abdallah Nasib, Yazan Al Arab, Bara'a Marie; Ehsan Haddad, Nizar Al Rashdan, Noor Al Rawabdah, Mohammad Abu Hasheeh; Mousa Tamari, Yazan Al Naimat, Mahmoud Al Mardi.

Pelatih: Hussein Ammouta.

Korea Selatan: Jo Hyeon Woo; Kim Tae Hwan, Jung Seung hyun, Kim Young Gwon, Seol Young Woo; Lee Jae Sung, Park Yong Woo, Hwang In Beom; Lee Kang In, Song Heung Min, Hwang He Chan.

Pelatih: Juergen Klinsmann.