Timnas Indonesia Dilanda Badai Cedera, Pemain Andalan Terancam Absen Lawan Irak

Timnas-Indonesia9.jpg
(Antara)

RIAU ONLINE - Sejumlah pemain andalan Timnas Indonesia tengah mengalami cedera hingga berpotensi absen dalam daftar pemain untuk putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Egy Maulana Vikri satu di antara pemain andalan yang mengalami cedera. Insiden cedera dialami Egy saat membela Dewa United dalam pertandingan melawan Borneo FC pada musim Liga 1 2023-2024.

Akibatnya, Egy terduduk di lapangan. Tim medis segera membawa Egy keluar lapangan pertandingan itu. Di pinggir lapangan, Egy tampak menunjukkan sakit yang dialaminya, terutama di bagian selangkangan.

Egy pun berisiko menjadi pemain yang tercatat dalam daftar cedera jelang Timnas Indonesia menghadapi putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Dia (Egy) terkena tendangan, dia mencoba di babak kedua, jadi akan kami evaluasi," kata Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink dalam konferensi pers pasca-pertandingan, dikutip dari Suara.com, Senin 30 Oktober 2023.


Sejumlah pemain Timnas Indonesia lainnya, Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner juga terancam absen karena masih dalam pemulihan dari cedera.

Selain itu, Sandy Walsh juga menghadapi cedera setelah membela klubnya, KV Machelen, dalam pertandingan melawan Cercle Brugge di Liga Belgia 2023-2024, pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Sandy Walsh, yang berposisi sebagai bek kanan, harus ditarik keluar lapangan setelah babak pertama.

Sandi Walsh mengalami cedera cukup serius. Kakinya harus dipasang beberapa jahitan. Pelatih KV Mechelen, Steven Defour, bahkan mencatat bahwa cedera tersebut cukup parah sehingga tulang kaki Sandy tampak terlihat.

"Itu mungkin tidak disengaja, tapi benturan itu terjadi dan anda bisa melihat tulang Walsh," kata Defour.

Timnas Indonesia bakal menghadapi Irak di Basra International Staium, Basra, dalam laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 16 November 2023. Mereka kemudian akan melanjutkan dengan pertandingan melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manilla.

Kehadiran Egy Maulana Vikri dan para pemain cedera lainnya di pertandingan-pertandingan tersebut masih menjadi tanda tanya besar bagi Timnas Indonesia.