5 Negara Berpenduduk Sedikit Ini Lolos Piala Dunia, Kok Bisa?

Piala-Dunia-Ilustrasi.jpg
(Brfootball via Suara.com)

RIAUONLINE - Piala Dunia tidak hanya diikuti oleh negara besar, sejumlah negara berpenduduk sedikit pun berkesempatan lolos Piala Dunia.

Hingga kini, tercatat 5 negara berpenduduk sedikit yang berhasil lolos Piala Dunia. Jumlah populasi yang sangat sedikit, tak menghalangi negara-negara ini untuk menorehkan prestasi dengan berpartisipasi di ajang Piala Dunia.

Berikut lima negara berpenduduk sedikit yang lolos ke Piala Dunia, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 30 Oktober 2022.

1. Islandia (Piala Dunia 2018)

Rekor bersejarah pernah dicatatkan Islandia ketika berhasil lolos kualifikasi untuk tampil di ajang Piala Dunia 2018. Itu menjadi penampilan mereka sepanjang sejarah.

Tak hanya itu saja, Islandia juga berstatus sebagai negara yang memiliki penduduk paling sedikit yang sukses lolos Piala Dunia.

2. Trinidad dan Tobago (Piala Dunia 2006)

Salah satu negara asal Kepulauan Karibia, Trinidad dan Tobago, juga tercatat sebagai peserta Piala Dunia dengan jumlah penduduk terendah.

Ketika itu, Trinidad dan Tobago sukses merebut tiket untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2006. Padahal, jumlah penduduknya hanya sekitar 1,3 juta saja.


Saat itu mereka memang punya banyak pemain hebat seperti Dwight Yorke, Kenwyne Jones, dan Shaka Hislop. Mereka juga menunjuk Leo Beenhakker sebagai juru taktiknya.

3. Kuwait (Piala Dunia 1982)

Salah satu negara Asia yang juga termasuk sebagai kontestan Piala Dunia dengan jumlah penduduk terendah ialah Kuwait. Mereka pernah lolos fase kualifikasi pada edisi 1982.

Ketika itu, Kuwait hanya memiliki populasi sebesar 1,5 juta jiwa saja. Sayangnya, sebagai wakil Asia, Kuwait gagal mencatat performa impresif.

Pasalnya, langkah mereka terhenti di fase grup Piala Dunia 1982 dengan catatan satu imbang dan dua kekalahan.

4. Irlandia Utara (Piala Dunia 1958)

Irlandia Utara juga pernah tercatat sebagai salah satu kontestan di Piala Dunia. Partisipasinya terjadi pada ajang Piala Dunia 1958.

Padahal, Irlandia Utara hanya memiliki penduduk sebesar 1,4 juta jiwa saja. Bahkan, ketika itu pencapaiannya cukup luar biasa.

Sebab, dengan jumlah penduduk yang relatif kecil, Irlandia Utara sukses melaju hingga fase perempat final Piala Dunia 1958.

5. Paraguay (Piala Dunia 1930)

Negara kedua dengan jumlah penduduk terendah yang sukses mencatatkan partisipasinya di Piala Dunia ialah Paraguay.

Keberhasilan itu tercatat pada Piala Dunia 1930. Ketika itu, Paraguay hanya memiliki 860 ribu penduduk untuk lolos ke edisi pertama Piala Dunia.

Meskipun demikian, saat itu memang belum diterapkan sistem kualifikasi bagi negara-negara pesertanya untuk bermain di Piala Dunia.