Tekan Lawan Sepanjang Laga, PSPS Riau Hanya Dapat 1 Poin

psps.jpg
(Tanjung)

Laporan : HASBULLAH TANJUNG

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Match day kedua lanjutan Liga 2 musim 2018 yang digelar di Lapangan Kaharuddin Nasution Pekanbaru, Sabtu, 5 Mei 2018 berakhir dengan hasil imbang antara PSPS Riau menghadapi Persika Karawang.

Babak pertama berlangsung cukup sengit, beberapa serangan dari PSPS Pekanbaru berhasil mengancam gawang Persik Karawang.

Pada menit ke 3, Abanda yang menerima umpan crossing langsung dari Firman gagal mengkonversikan peluang tersebut menjadi goal.

Selanjutnya, pada menit ke 8, tendangan jarak jauh dari Tegar masih melambung di luar mistar yang dijaga oleh Ghoni Yanur Gitoyo.

Pada menit ke 20, dalam jarak yang cukup ideal, Firman belum bisa memaksimalkan peluang menjadi goal dari kesempatan tendangan bebas.

Barulah pada menit ke 28, Striker PSPS Riau Andri Abubakar memecah kebuntuan dengan memanfaatkan bola crossing dari Firman Septian.

Andri Abubakar sebenarnya mampu menambah keunggulan, sayangnya tendangannya melaju tipis di samping kanan gawang Persika.

Menit ke 44, Andri Abubakar kembali mendapatkan peluang emas berkat bola liar di depan gawang Persika, sayang bola masih melambung di atas mistar gawang Persika.

Skor berakhir dengan keunggulan sementara PSPS Riau 1 - 0 hingga turun minum.

Babak kedua, pertandingan semakin memanas, jual beli serangan terjadi meskipun masih didominasi oleh tuan rumah PSPS Riau.

Pada menit 50 PSPS melalui skema yang cukup cantik berkat duet Firman dan Abanda nyaris berbuah gol karena serangannya dipatahkan oleh bek Persika Karawang.

Pada menit ke 57, PSPS Riau melalui kaptennya Ponda melakukan aksi solo run, namun sayang tendangan kerasnya dimentahkan oleh mistar gawang.

Serangan terus dilancarkan oleh anak asuh Ari Nugroho Arsadianto ini, terbukti pada menit 58, Efraim melakukan tendangan jarak jauh, dan lagi hanya melambung di atas mistar gawang.

Menit 72, Persika Karawang mulai bangkit dari tekanan, dan perlahan mulai mengatur tempo permainan beberapa kali serangannya cukup merepotkan kiper PSPS Ismail Hanapi.

Menit 78, PSPS kembali mendapat peluang, namun berkat ketenangannya, kiper Persika mampu menahan dua tendangan beruntun dari Abanda dan Firman.

PSPS harus kehilangan tiga pemainnya, Aliyah Alfuad, Efraim Wandik, dan Wahyu Kristanto karena cedera, sehingga konsentrasi pemain tampak berkurang.

Akibatnya, Persika mulai mengambil alih permainan, terbukti pada menit ke 82, tendangan keras salah seorang pemain Persika hampir saja memasuki gawang Hanapi.

Hingga puncaknya pada menit ke 87, Persika melalui Kurniawan Karman yang memanfaatkan blunder pemain PSPS Riau mampu menjebol gawang Hanapi dengan sepakan keras kaki kirinya.

Hasil ini tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

Menanggapi hasil ini, Manajer Persika Rakhmat Gunadi mengaku cukup bangga dengan hasil kerja keras anak asuhnya meskipun target 3 poin tidak tercapai.

" 1 poin di away cukup lah untuk kami bawa pulang," ujarnya dalam konferensi pers usai laga.

Selain itu, ia juga mengeluh dengan kondisi lapangan yang tidak rata, sehingga mengakibatkan tidak tercapainya target tiga poin.

"Lapangan keras, lawan main long ball, saat pemain mau shooting, bolanya naik ke atas, ke depannya stadion harus lebih baik lagi. Selain itu finishing kami juga kurang bagus," jelasnya.

Sementara itu, manajer PSPS Riau Ari Nugroho menyatakan cukup puas dengan permainan anak didiknya karena mampu menekan lawan sepanjang laga.

"PSPS sangat luar biasa, bisa menekan lawan yang cukup tangguh saya rasa, menit-menit terakhir kita kehilangan konsentrasi karena ada 3 pemain cedera, tapi kita salut dengan anak-anak," ujarnya.

Kedepannya, lanjut Ari, dirinya akan melakukan evaluasi terkait laga hari ini, dan mengakui finishing masih jadi masalah utama anak asuhnya.

"Assist yang saya berikan belum maksimal finishing nya, sampai menit 87 kita menekan, tapi karena kehilangan pemain membuat konsentrasi berkurang,"ujar Kapten PSPS Ponda Dwi Saputra.