Bak Ditelan Bumi, Seperti Jack Ma Miliarder China Ini Hilang Misterius

Ilustrasi-miliarder2.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Bankir asal China, Bao Fan, hilang secara misterius. Hilangnya Bao Fan menambah daftar panjang bos dan miliarder yang tak diketahui keberadaannya.

Menurut manejemen perusahaan, pendiri bank investasi China Renaissance Holdings Ltd tak bisa dihubungi sejak Kamis, 16 Februari lalu. Sampai saat ini, belum ada kabar terbaru mengenai Bao Fan.

"Hilangnya Fan Bao menambah serangkaian kasus hilangnya eksekutif China terkenal dengan sedikit penjelasan selama kampanye antikorupsi besar-besaran yang dipelopori oleh Presiden Xi Jinping, meskipun alasan hilangnya Bao tidak jelas," demikian laporan Reuters, dikutip dari kumparan, Minggu, 19 Februari 2023.

Reuters lalu mengaitkan hilangnya Bao Fan dengan Partai Komunis China yang berkuasa sejak 2021. Pasalnya, partai itu mulai menyoroti aktivitas di sektor keuangan negara tersebut secara luas, termasuk dugaan korupsi dan transaksi ilegal di dalamnya.


Setidaknya lima eksekutif perusahaan hilang kontak sejak 2015, termasuk di antaranya Ketua Grup Fosun, Guo Guangchan. Namun setelah itu, manajemen mengatakan bahwa bos mereka tengah berurusan dengan penyelidikan terkait masalah pribadi.

Selain itu, ada pula Jack Ma. Hilangnya miliarder China ini sempat menggegerkan publik. Salah satu pendiri raksasa e-commerce Alibaba itu kembali hilang bak ditelan bumi, seperti pada akhir 2020 silam.

Setelah beragai laporan spekulatif terkait keberadaannya, Jack Ma ternyata tidak benar-benar hilang. Menurut seorang eksekutif Alibaba, taipan China itu sedang tidak mau menarik perhatian publik. Jack Ma sempat terlihat di publik pada 20 Januari 2021.