Hadapi Lonjakan Penumpang, AP II Buka Posko Monitoring Angkutan Udara Nataru

Bandara-SSK-II-7.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru telah mendirikan Posko Monitoring Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk menghadapi lonjakan penumpang.

"Untuk Posko Nataru sudah kita aktifkan sejak tanggal 18 Desember kemarin dan rencananya sampai 3 Januari 2022 mendatang," ujar Eksekutif General Manager Bandara SSK II Pekanbaru M. Hendra Irawan, Kamis, 22 Desember 2022.

Hendra menyebut, sebab menjelang momen Natal dan Tahun Baru, jumlah penumpang di bandara SSK II Pekanbaru mulai mengalami kenaikan mencapai 10 persen.

"Dari data kita dalam 2 hari terakhir ini jumlah penumpang yang datang dan terbang dari bandara SSK II Pekanbaru sudah menyentuh angka 15.300 penumpang atau mengalami kenaikan sebesar 10 persen dibandingkan hari biasanya," jelasnya.

Hendra mengungkapkan dari perhitungan perusahaan sepanjang momen Nataru kali ini diperkirakan jumlah penumpang bandara akan mencapai 115.000 penumpang dengan jumlah pesawat sebanyak 966 jadwal penerbangan.

"Angka tersebut bila dibandingkan momen sama tahun sebelumnya mengalami kenaikan sebesar 28 persen untuk jumlah penumpang, dan 29 persen untuk jumlah jadwal penerbangan," tukasnya.

Hendra menegaskan pihaknya juga telah melakukan persiapan-persiapan, diantaranya adalah melakukan pengecekan lalu melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait diantaranya Custom, Immigration and Quarantine (CIQ), Airlines, BMKG dan juga Basarnas.

"Untuk potensi segala aspek baik terkait kesiapan Protokol kesehatan maupun operasional, penambahan trafik sampai dengan tentunya memastikan kondisi cuaca," pungkasnya.