Chevron Briefing Teknologi Injeksi Uap Lapangan Minyak Duri

Chevron-diskusi-dengan-wartawan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/IMELDA VINOLIA)

 

LAPORAN: IMELDA VINOLIA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka mempererat silahturahmi dan meningkatkan pengetahuan seputar pertambangan minyak, Chevron memberikan diskusi teknologi injeksi uap kepada wartawan, di Novotel, Kamis, 26 Juli 2018.

Teknologi yang disebut Steamflood Enhanced Oil Recovery (EOR) merupakan teknologi yang dipakai perusaan minyak dunia untuk tingkat lanjut meningkatkan produksi dan memperpanjang usia produktif lapangan-lapangan minyak tua seperti di Duri.

Teknolgi EOR tingkat lanjut ini mencakup injeksi gas, injeksi uap atau injeksi kimia ke resevoir di perut bumi untuk memproduksi lebih banyak minyak ke permukaan.

Menurut pemaparan dari Integrated Optimitation Decision Support Center (IODSC) Ilmy Razanindra, memaparkan bahwa teknologi ini telah diterapkan di lapangan Duri dimulai 1985, untuk meningkatkan produksi minyak berat (heavy oil) dari lapangan tersebut. Teknologi ini merupakan salah satu pengembangan injeksi uap terbesar di dunia.

"Minyak berat memiliki sifat kental dwngan tingkat kepekatan sangat tinggi, sulit mengalir, sehingga sulit diproduksi dan dipompa ke permukaan," kata Ilmy.


"Di Duri, uap disuntikkan dekat dengan dasar resevoir melalui sumur injeksi. Uap air naik ke permukaan resevoir. Uap mengalirkan panas ke minyak berat yang bersifat dingin, mengurangi tingkat kekentalan sehingga dapat lebih mudah bergerak untuk dialirkan ke sumur-sumur produksi," imbuhnya.

Dengan menggunakan teknologi ini hampir separuh produksi minyak sumatera dipasok oleh lapangan minyak Duri, Riau.

PT CPI merupakan perusahaan pelopor penerapan operasi injeksi uap secara selamat dan efisien yang membuat lapangan Duri mampu menghasilkan kinerja produksi lima kali lebih baik didandingkan dengan teknologi pengeboran konvensional.

Diakhir diskusi Chevron memberikan banjir hadiah kepada wartawan yang berhasil memberikan jawaban yang benar dari pertanyaan yang diberikan nara sumber.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id