BNI TapCash Smart Card Madani, Pembayaran Elektronik Prabayar Parkir Bandara SSK II

BNI-TapCash-Smart-Card-Madani.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus mendukung penerapan program Smart Card Madani Pemerintah Kota Pekanbaru yang sejalan dengan program Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam mendukung sistem pembayaran Cashless. BNI bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura II (Persero) telah meresmikan sistem pembayaran elektronik prabayar parkir Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. BNI menyediakan TapCash Smart Card Madani untuk mempermudah transaksi pembayaran prabayar parkir di Bandara SSK II Pekanbaru.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Plt Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, General Manager Angkasa Pura II Jaya Tahoma Sirait, Kapala Bank Indonesia Riau Siti Astiyah, CEO BNI Wilayah Riau, Sumbar dan Kepri, Hari Sundjojo dan Pimpinan Cabang BNI KC Pekanbaru Juma Indra.

Dengan sistem pembayaran cashless, diharapkan bisa menjadi awal dari penerapan Integrated Payment System pengelolaan parkir yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura II (Persero). Sehingga ke depannya transaksi yang terjadi bisa berlangsung dengan mudah, aman, cepat dan efisien.

Smart Card Madani adalah kartu dengan salah satu fungsinya sama dengan kartu ATM sehingga tidak perlu menyediakan uang cash untuk melakukan pembayaran. Kemudahan menggunakan uang elektronik ini bisa dirasakan langsung ketika melakukan pembayaran transportasi, sepeti Busway atau Trans Metro, Commuter Line dan kendaraan lain yang bisa dipesan secara online.

Penggunaan uang elektronik pun tidak terbatas pada transportasi saja, tetapi juga membayar belanjaan di convenience store, pom bensin, supermarket dan lainnya. Salah satu kelebihan kartu ini yakni transaksi menjadi lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja dalam transaksi.


Hari Sundjojo menuturkan, saat ini BNI mendukung pprogram gerakan nasional non tunao melalui pembayaran non tunai yaitu BNI TapCash Smart Card Madani sehingga lebih memudahkan dalam monitoring keuangan.

"Fokus saat ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa layanan di area parkir Bandara SSK II Pekanbaru. Selain itu dengan adanya transaksi cashless dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam pengelolaan transaksi," terangnya, Kamis, 31 Mei 2018.

Sebelumnya BNI juga telah mengimplementasikan layanan BNI Direct dengan fitur liquidity management untuk mempercepat pooling dana cara cabang dan unit ke Angkasa Pura Kargo. Dengan kerja sama ini, kata Hari, diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar-BUMN dan menciptakan nilai tambah dan manfaat dalam pengelolaan keuangan Angkasa Pura dan mitra-mitranya.

Melalui kerja sama ini, BNI terpili sebagai leading Bank untuk mendukung program bisnis APK dengan memberikan layanan cashless dengan Virtual Account Debit Pertama diimplementasikan di kargo dan telah disesuaikan dengan kebutuhan APK.

"Dengan kecanggihan teknologi, kartu Smart Card Madani telah diakui di kancah nasional sebagai kartu yang memiliki layanan yang komplesk seperti kartu ATM, kartu Debit, kartu TapCash dan lainnya sehingga dengan satu kartu saja dapat melayani berbagai transaksi pembayaran. Tentunya hal ini menjadi lebih efisien," ujar Kepala BI Provinsi Riau Siti Astiyah.

Plt Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi juga menyambut positif dan gembira dengan diresmikannya sistem pembyaran non tunai BNI Smart Card Madani, dimana hal ini merupakan terobosan lainnya dari BNI dalam mendukung program Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal penyediaan jasa pembayaran pajak PBB, Pembayaran 11 jenis pajak lainnya, pemungutan e-retribusi pedagang pasar, pembayaran Transmetro Pekanbaru, kartu kesehatan bagi masyarakat Pekanbaru, serta karut edupatrol bagi para pelajar.