Diberi Nama Menara Dang Merdu, Kantor Bank Riau Kepri Siap Ditempati

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kantor utama Bank Riau-Kepri (BRK), hari ini (28/1/2016) resmi dibuka untuk dioperasikan. Gedung yang bersebelahan dengan kantor Gubernur tersebut diberi nama Menara Dang Merdu. Peresmian dilakukan oleh Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

 

Nama gedung diambil dari tokoh sejarah Riau, ibu kandung Hang Tuah. Kantor BRK tersebut berdiri di bekas Balai Teater Dang Merdu, tempat para seniman serta budayawan Riau berkumpul.

 

Pemilihan nama Dang Merdu bukan sekedar untuk mengenang para tokoh sejarah Riau, tapi jugamengenang nama bangunan sebelumnya. (Baca Juga: Pemerintah Diminta Restrukturisasi Kredit Untuk Atasi Kredit Macet)

 

Budayawan Riau, OK Nizami Jamil mengatakan, Balai Teater Dang Merdu merupakan salah satu bangunan sejarah yang ada di Riau. "Balai Dang Merdu dulunya merupakan tempat berkumpulnya para seniman dan budayawan Riau. Saya ingat bagaimana dulu saya beserta teman-teman sering berkumpul di sana, termasuk bersama alrmahum Tennas Efendi," ucap OK dalam sambutannya di peresmian gedung Utama Menara Dang Merdu BRK.

 

Sebelum dinamakan Balai Dang Merdu, gedung itu merupakan gedung Trikora yang digunakan para pejuang dan pemuda Riau di masa awal pembangunan Riau.

 

"Di bekas tanah ini telah terukir sejarah panjang Riau. Mulai dari awal perjuangan pemuda Riau dan mahasiswanya hingga kini menjadi gedung penopang ekonomi masyarakat Riau dan Kepri," taerang OK yang merupakan keturunan bangsawan kerajaan Siak ini.

 

Gedung Menara Dang Merdu BRK dibangun pada bulan Juli 2010 lalu pada masa pemerintahan Gubernur Rusli Zainal. Secara resmi bangunannya diresmikan pada 13 Maret 2013 lalu.(Baca Juga: Dahlan: Pertamina Segera Ambil Alih Blok Migas)

 

Namun sejak diresmikan, gedung tersebut tak kunjung ditempati. Hingga kemudian pada masa Direktur Utama BRK kini, Irvadi Gustari barulah gedung tersebut ditempati.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline