Aktual, Independen dan Terpercaya


Rusuh, Tahanan Bakar Rutan Siak Jelang Sahur

Tahanan-Bakar-Rutan-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Siak, Riau, mencekam. Tahanan membakar rutan serta diduga merampas senjata api dari sipir yang bertugas, Sabtu dinihari, 11 Mei 2019. 

Kerusuhan berujung pembakaran Rutan ini berawal pada Jumat malam, 10 Mei 2019, sekitar pukul 22.30 WIB. Dimulai dari melempar ke arah sipir dan akhirnya berujung pembakaran Rutan tersebut, pukul 01.30 WIB. 

Pantauan wartawan di lokasi, di sekitar Rutan Sabtu dinihari mencekam. Andi, warga Siak yang tinggal di sekitar Rutan, mengatakan, telah terjadi kerusuhan di dalam Rutan Kelas IIB tersebut. 

Warga Siak menyaksikan api menyala-nyala disertai asap membumbung tinggi terlihat sangat jelas dari Rutan. 
Sebelum api besar, tampak di luar rutan, puluhan personel polisi beserta petugas TNI terlihat berjaga-jaga di sekitar Rutan Siak. 

Andi menceritakan, awalnya timbul suara gaduh dari arah Rutan. Tak berselang lama satu per satu kendaraan polisi masuk ke pekarangan halaman rutan.

“Ada rusuh di dalam Rutan bang, tadi itu terdengar puluhan suara letusan senjata, kami pun tidak tau entah apa terjadi,” kata andi kepada wartawan.

Dari informasi yang diperoleh awak media, kejadian berlangsung dari pukul 22.00 WIB. Dugaan sementara terjadinya kerusuhan dikarenakan warga rutan mengamuk dan menjebol pintu lapas.

"Tadinya ada ribut-ribut dalam ruangan tahanan bang. Tak berselang lama, ada narapidana itu keluar dari ruangan tahanan dan melempar petugas rutan,” ucap seorang petugas yang enggan disebutkan namanya.

Hingga berita ini diturunkan, suasana di sekitar Rutan Siak masih mencekam belum ada keterangan resmi, baik dari pihak rutan, maupun dari kepolisian.