Perusahaan China Ini Lirik Pelabuhan Buton, Siak

Pelabuhan-Tanjung-Buton.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, SIAK - Perusahaan Tiongkok, Sinosteel Equipment & Engineering, tertarik menanamkan modal untuk membangun dan mengembangkan Tol Laut di Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB), Siak. Perusahaan Tiongkok itu menilai kawasan tersebut sangat strategis.

 

Marketing Development Div II Sinosteel, Bai Wei, mengakui pelabuhan Tanjung Buton, Siak, terletak di Selat Malaka itu berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Pelabuhan itu sangat strategis untuk mendistribusikan sawit dan CPO.

 

"Kawasan ini cocok untuk berinvestasi. Rencananya, kami akan membangun beberapa infrastruktur pendukung untuk Tol Laut," kata Bai Wei, Rabu, 3 Agustus 2016, usai mengunjungi KITB. 

 

Baca Juga: Wapres JK Diminta Operasikan dan Kembangkan Pelabuhan Tanjung Buton

 

Pembangunan infrastruktur pelabuhan ditargetkan di mulai tahun 2016 ini. Bai Wei mengatakan, mereka masih memerlukan data dan survei lebih lanjut untuk memastikan jumlah dana yang akan diinvestasikan.

 

Sinosteel akan kembali melakukan pertemuan dengan Bosowa milik Aksa Mahmud dan BUMD Siak, sebagai perusahaan pengelola KITB serta pemerintah setempat untuk membahas masalah iklim, struktur tanah dan beberapa persoalan teknis.

 

Sinosteel merupakan rekanan dari PT Bosowa Corporindo yang mengelola Tol Laut di KITB, bekerjasama dengan BUMD Siak. Bosowa bersama beberapa BUMD Siak telah menandatangani MoU di depan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengelola Tol Laut di KITB.

 

Klik Juga: Akankah Tanjung Buton Jadi Pelabuhan Nasional?

 

Sebelumnya, PT Bosowa Corporindo ditunjuk sebagai pengelola kawasan Industri Tanjung Buton di Kabupaten Siak bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kabupaten itu.

 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline