Aktual, Independen dan Terpercaya


Menjaga Keutuhan NKRI Adalah Tugas Semua Pihak

Foto-Bersama-Forkopimda.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BAGANSIAPIAPI - Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibangun dengan penuh perjuangan yang berlandaskan pada niat yang tulus dan ikhlas untuk membentuk Negara kesatuan yang merdeka.

Tercapai masyarakat dan suatu tatanan adil makmur dan sejahtera. Sangat banyak jasa pejuang dan pengorbanan yang telah diberikan atau dipersembahkan dalam upaya untuk mencapai kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia ini.

Makanya sangat penting bagi semua pihak terutama kepada kalangan generasi muda penerus bangsa untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan yang ada.

Keutuhan NKRI merupakan harga mati yang harus dipertahankan secara terus menerus. Penekanan terhadap pentingnya menjaga keutuhan NKRI ini ditegaskan kembali oleh Bupati Rokan Hilir, H Suyatno AMp, berkaitan dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati Pemkab Rohil, di Lapangan Taman Budaya, Batu Enam, Bagansiapiapi.

Berkaitan dengan hari penting tersebut pemerintah daerah Rokan Hilir menyelenggarakan upacara bersama. Bupati tiba di tempat upacara bersama dengan Kajari Gaos Wicaksono SH MH, Dandim Letkol Inf Didik Efendi SIP, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, dan jajaran Forkopimda. 

Hari Kesaktian Pancasila

Bupati langsung berdiri di mimbar utama begitu dipersilakan protokol dan saat komandan upacara menyampaikan laporan untuk kesiapan dimulainya upacara bupati memerintahkan untuk dilaksanakan.

Selanjutnya prosesi peringatan hari kesaktian pancasila turut ditandai dengan pembacaan ikrar yang dilaksanakan Ketua DPRD Nasrudin Hasan. Tidak ada sambutan dari inspektur upacara seperti yang biasanya saat ada peringatan hari besar.

Usai prosesi dilanjutkan dengan mendengarkan nyanyian Aubade serta pembubaran peserta upacara. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama, setelah kegiatan. Suyatno mengatakan untuk upacara kali ini memang tak ada amanah yang disampaikan.

Untuk upacara terangnya berjalan khidmat, ia mengajak momen itu untuk menjadi bagian merenungi kembali masa yang lalu dimana bangsa Indonesia telah berjuang dengan penuh kekuatan menjaga ideologi, sehingga kendati ada yang berupaya merongrong Pancasila, UUD 45 namun keutuhan NKRI tetap harus dijaga dan dipertahankan.

Hari Kesaktian Pancasila

"Tugas kita semua untuk menjaga keutuhan NKRI, dan menjadi harga mati. Ini sesuai dengan harapan dari para sesepuh, tokoh nasional kita dimana semua harus tegak, kompak membangun negara ini mulai dari Sabang sampai Merauke," ungkap Bupati Rokan Hilir H Suyatno ini.

Peran dari tokoh masyarakat, aparatur pemerintahan maupun berbagai kalangan untuk dapat memupuk terus rasa nasionalisme harus dapat dipertahankan.

Sehingga tumbuh kesadaran secara menyeluruh suatu sikap yang rela mengabdi untuk kepentingan bangsa dan Negara yang tercinta yaitu Indonesia. (Adv)

 

Menjaga Keutuhan NKRI Adalah Tugas Semua Pihak