Aktual, Independen dan Terpercaya


Pemkab Rokan Hilir Komitmen Tumbuh Kembangkan Kesenian Budaya Lokal

Rohil-Bersenandung.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memiliki komitmen tinggi meningkatkan, melestarikan setiap bidang seni maupun budaya yang ada di daerah Rokan Hilir.

Hal itu dilihat dari sasaran strategis program pemerintah untuk menjadikan kebudayaan sebagai salah satu pencapaian pembangunan karena didasari pandangan kebudayaan merupakan sesuatu penting dalam kehidupan masyarakat.

Tanpa kebudayaan maka masyarakat seolah kehilangan identitas diri menjadi karakteristik sebagai masyarakat di suatu cakupan wilayah yang harus memiliki suatu ciri khas.

Maka berbagai iven yang digalakkan baik oleh komunitas kesenian, organisasi, kelompok masyarakat, pengiat budaya dan lain-lain selalu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Rokan Hilir Bersenandung

BUPATI Rokan Hilir, Suyatno, saat berpidato membuka Rokan Hilir Bersenandung dengan mendapatkan Kunjungan seniman dan pengiat seni dari Dumai, Pekanbaru, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Kuansing, Rokan Hulu, Inhil dan Malaysia.

Pihak paling gencar melakukan berbagai kegiatan iven kesenian kebudayaan adalah Dewan Kesenian Daerah/DKD Rokan Hilir. DKD Rokan Hilir dibawah pimpinan Hj Suryati, pegiat seni yang berkecimpung dalam berbagai aktifitas di tengah masyarakat sehingga tak diragukan lagi telah sukses memimpin DKD yang berperan banyak dalam berbagai program guna mendukung Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir khususya dalam bidang berkaitan dengan kesenian dan kebudayaan.

Kegiatan mendapatkan perhatian bersama berupa kesenian yang dikemas dalam kegiatan Rokan Hilir Bersenandung beberapa waktu lalu. Berbagai persembahan ditampilkan, mulai tari kreasi, pertunjukan tunggal, instrumen sampai pagelaran busana berciri khas Kapal Tongkang.

Pada iven Rokan Hilir Bersenandung mendapatkan Kunjungan dari kalangan seniman dan pengiat seni luar mulai dari Dumai, Pekanbaru, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Kuansing, Rokan Hulu, Inhil dan Malaysia. 

Rokan Hilir Bersenandung

BUPATI Rokan Hilir, Suyatno, berfoto bersama usai membuka acara Rokan Hilir Bersenandung dengan mendapatkan Kunjungan seniman dan pengiat seni dari Dumai, Pekanbaru, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Kuansing, Rokan Hulu, Inhil dan Malaysia.

Bupati Rohil, Suyatno dalam sambutannya mengatakan, acara hiburan masyarakat itu sangat mengagumkan dari berbagai penampilan yang ditunjukkan berbagai daerah. "Luar biasa semarak acaranya, dan karena itu Pemkab Rokan Hilir mendukung penuh kegiatan ini," kata Bupati.

Ia mengharapkan, agar Rohil Bersenandung tetap digelar secara rutin setiap menyambut HUT Rohil dan jika bisa ditingkatkan lagi diwaktu akan datang. Peningkatan bukan hanya untuk jumlah perwakilan dari daerah luar yang hadir termasuk penampilan, atribut maupun seluruh kesiapan yang dilakukan.

Pada kesempatan itu dirinya menyampaikan terimakasih kepada pengiat seni yang datang dari luar daerah apalagi yang dari negeri Jiran, Malaysia. Ketua DKD Rokan Hilir Hj Suryati mengatakan Rohil Bersenandung adalah ajang untuk menyatukan komunitas seni yang ada. (Adv)