Aktual, Independen dan Terpercaya


Seorang Warga Rohul Tewas Diduga Bom Bekas Latihan Gabungan Korpaskhas TNI AU

Bom-Meledak.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang warga Dusun Karya Bakti RW 2/RT 1, Desa Pasir Utama, Kecamaran Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Suwanda (30), tewas di tempat usai terkena ledakan bom. 

Bom tersebut diduga digunakan untuk Latihan Trisula Perkasa 2017 yang digelar Korps Pasukan Khas TNI AU (Korpaskhas) di Kabupaten Rokan Hulu. Bom itu meledak, Kamis, 20 Juli 2017, sekitar pukul 11.30 WIB. 

Selain menewaskan Suwanda, bom tersebut juga mengakibatkan empat warga lainnya, Sugianto, Heru, Dedek Sopian dan Yugi Wiharjo, mengalami luka-luka. 

Baca Juga: Yonko Paskhas 462, Batalyon Khusus TNI Satu-Satunya Di Riau

Kejadian itu berawal ketika Suwanda menemukan dua benda berbentuk kotak seperti baterai sepeda motor dan kotak hitam memiliki kabel di atas terpal biru. Benda tersebut diperolehnya di kebun sawit. 

Barang tersebut kemudian dibawa ke tempatnya ia bekerja, rumah Kartono. Korban lalu mengeluarkan kabel terdapat di benda tersebut, sehingga terjadi ledakan dan mengakibatkan ia tewas di lokasi kejadian. Sedangkan korban lainnya berada di lokasi ikut terkena imbas ledakan mengalami luka-luka.

"Terkait dengan adanya informasi ledakan yang terjadi di Rokan Hulu, yang dapat saya sampaikan adalah benar. Kami mendapatkan informasi tersebut," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama TNI Age Wiraksono kepada RIAUONLINE.CO.ID. 

Ia belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana bom itu meledak dan menewaskan warga sekitar. Namun, ia tak menampik bom tersebut milik TNI AU. 

Lihat Juga: Selamatkan Tentara Denmark, Amerika Sebut Prajurit Paskhas Ini 'Gila'

"Penyebabnya karena apa masih dalam pengecekan. Untuk lebih jelasnya rekan-rekan dapat mengonfirmasi ke Paskhas AU ataupun Dispen AU, supaya informasi diperoleh akan lebih valid dan akurat," saran Age.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline