Aktual, Independen dan Terpercaya

Pagi Ini Warga Rohul Berhamburan saat Gempa 10 Detik Terjadi

Gempa-Bumi-Dirasakan-Warga-Rokan-Hulu.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warga di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kaget dan berhamburan saat merasakan gempa yang berlangsung selama 10 detik, Jumat, 14 Juli 2017, pukul 08.25 WIB. 

Gempa bumi tersebut memiliki kekuatan 5,5 Skala Richtrt (SR) berkedalaman 10 km dan pusat gempa berada di 9 km Baratdaya Padang Sidempuan atau 25 km Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

"Gempa tidak berpotensi tsunami. Badan Geologi USA melaporkan gempa berkekuatan 5 SR dengan pusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada RIAUONLINE.CO.ID. 

Baca Juga: Pertama Sejak 50 Tahun, Gempa Bumi Di Rambah Samo, Rokan Hulu

Ia menjelaskan, Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa ke BPBD dan beberapa instansi terkait di daerah. Dampak gempa juga dirasakan di Kabupaten Padang Sidempuan sangat kuat dengan durasi selama 20 detik.

"Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Atap rumah bergetar cukup keras. Perabotan rumah berbunyi dan bergoyang. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," jelasnya. 

Sutopo juga mengatakan, dii Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, gempa dirasakan sedang selama 20 detik. Masyarakat juga berhamburan keluar rumah.

Sedangkan, di Kabupaten Padang Lawas Utara, gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Rumah terasa bergoyang dan masyarakat panik berhamburan keluar rumah.

Untuk Kabupaten Tananuli Selatan, Sumut, gempa dirasakan kuat selama 15-20 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedangkan, di Kota Medan, gempa tidak dirasakan.

Klik Juga: Begini Saran BMKG Kalau Gempa Bumi Terjadi

"Berdasarkan peta gempa dirasakan, intensitas gempa di pusat gempa sekitar V-VI MMI (sedang hingga kuat) dengan sebaran tidak luas. Di Aekgodang IV MMI (ringan).

Posko BNPB, jelasnya, masih terus memantau dampak gempa. Petugas BPBD dan aparat setempat masih melakukan pemantauan dampak gempa di lapangan. Perkembangan dampak gempa akan disampaikan lebih lanjut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline