Aktual, Independen dan Terpercaya
´╗┐

Sekolah Global Andalan Gelar Operasi Semut

Pramuka-Sekolah-Andalah-RAPP.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI - Sekolah Global Andalan, Riau Komplek PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) tengah melakukan kegiatan operasi semut.

Operasi ini melibatkan siswa TK, SD, dan SMP di. Sekolah Global Andalan. Operasi semut bertujuan membersihkan sampah- sampah organik dan non organik yang berada di sekitar lingkungan Global Andalan.

Operasi semut merupakan bagian dari program reduce plastic program yang sudah dimulai dari awal bulan Agustus 2018 lewat Kaizen Projek.

Program ini dimulai dari Hotel Unigraha. Pihak hotel mulai mengganti pemakaian plastik seperti plastik sampah, kantong laundry, minuman mineral di dalam kamar, dan botol sampo serta sabun.

Setelah Hotel Unigraha, program pengurangan sampah plastik diarahkan ke food court, kemudian kantin sekolah. Diharapkan pada tahun 2109, program ini menyentuh Mill Area.

Siswa dan siswi Sekolah Global Andalan mengutip, menyapu, dan menyortir sampah-sampah yang ada. Setelah disortir, sampah-sampah organik ditimbang terlebih dahulu kemudian diletakkan pada pengolahan kompos. Sedangkan sampah anorganik dimasukkan ke karung dan dibuang.

Menurut Advent Daili, kepala sekolah SMP Global Andalan mengatakan kegiatan pengurangan sampah plastik ini dapat sampai kepada orang tua murid.

Kedepannya para siswa tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai seperti botol air, dan mereka bisa mengerti untuk memilah milah sampah yang akan dibuang jika mereka melihat sampah dilingkungan mereka dan disekolah.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Juwita dari Sekolah Global Andalan selain untuk melaksanakan projek kaizen, operasi semut ini juga bagian dari langkah sekolah untuk menyukseskan program Adiwiyata. Dengan program operasi semut diharapkan sampah sampah plastik sekali pakai bisa dikurangi dilingkungan sekolah Global Andalan.