Aktual, Independen dan Terpercaya


Dibangun Swadaya Masyarakat, Stadion Rp 8 M Ini Akan Diresmikan Sandiaga

Komplek-Olahraga-Stadion-Sepakbola-Mini.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, KAMPAR - Calon wakil presiden Sandiaga Uno direncanakan akan meresmikan pembentukan salah satu stadion yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat Lipat Kain.

Adapun komplek olahraga stadion yang berada di kawasan Kampar Kiri ini dibangun oleh komunitas adat setempat di atas lahan seluas 9,8 ha.

Salah seorang panitia acara peresmian stadion, Rizki, mengatakan pembangunan gedung ini murni dari uang kas Ninik mamak kenegerian Lipat Kain.

Dijelaskannya, uang kas Ninik mamak sendiri diisi dari hasil kebun yang diserahkan oleh PT Ganda Buana Indo kepada masyarakat dengan sebuah perjanjian. Adapun perjanjian ini berisikan kesepakatan antara pihak perusahaan dengan Ninik mamak dalam pengelolaan lahan perkebunan seluas 200-an hektar.

"Dalam proses pengelolaannya, PT Ganda memotong biaya panen, pupuk dan biaya lainnya, sedangkan hasil bersihnya diserahkan ke kas Ninik mamak," jelas Rizki, Minggu, 11 November 2018.

Uang dari hasil bersih inilah yang dipergunakan masyarakat untuk melakukan pembangunan sejumlah bangunan yang diperuntukkan bagi masyarakat lipat kain.

"Uang kas inilah yang digunakan untuk membangun masjid, MDA, membayar guru ngaji, dan sekarang Stadion yang juga ada sport center berisi futsal, volley, lapangan tenis, dan takraw," rincinya.

Meskipun uang hasil kebun tidak dipegang secara pribadi oleh masyarakat, namun Rizki menyebutkan setiap masyarakat akan mendapatkan tunjangan sebesar 300-400 ribu pertahunnya.

Pembangunan stadion ini sendiri memakan biaya yang cukup besar, yaitu sekitar Rp 8,441 miliar.

Untuk diketahui, stadion ini akan segera diresmikan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan juga Cawapres Sandiaga Uno pada Senin, 12 November 2018.