Pj Bupati Kampar: Warga Tepi Sungai Kampar Waspada, Pintu Air PLTA Dibuka

Banjir-Sungai-Kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDI FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Penjabat (Pj) Bupati Kampar, Syahrial Abdi, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kampar untuk selalu waspada mengingat pembukaan pintu air Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kotopanjang akan dibuka siang ini pukul 14.00 WIB, Jumat, 3 Maret 2017.

Masyarakat diimbau waspada terhadap kemungkinan terjadinya arus deras dan kenaikan permukaan air (elevasi) di sepanjang aliran Sungai Kampar yang berakibat terendamnya beberapa desa di dataran rendah

"Kurangi aktivitas di sepanjang sungai," kata Syahrial

Syahrial juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga dan mengamankan aset peternakan maupun perikanan di sepanjang sungai.

Baca Juga: Waspada, Pintu Air PLTA Kotopanjang Dibuka Siang Ini

"Masyarakat jangan panik berlebihan dan harap tetap tenang serta selalu mengikuti perkembangan informasi," ujarnya

Selain itu, Ia juga mengimbau kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Camat di Kabupaten Kampar untuk selalu update kondisi akhir siaga banjir serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan stakeholders atau satuan instansi terkait pada level masing-masing.

"Semoga Allah melindungi masyarakat kampar dari marabahaya," ujarnya.

Sebelumnya, Manager Humas dan SDM PLN Wilayah Riau dan Kepri, Dwi Suryo Abdullah mengatakan pihaknya akan melakukan pembukaan pintu air Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kotopanjang, Kabupaten Kampar pada pukul 14.00 WIB, Jumat, 3 Maret 2017.

Klik Juga: Banjir Masuk ke Dalam Masjid Pangkalan 50 Kota, Waduk PLTA Kotopanjang Siaga

Pasalnya, tinggi permukaan (elevasi) waduk PLTA Kotopanjang hingga pukul 08.00 WIB, pagi ini sudah mencapai 80.48 meter di atas permukaan laut (mdpl). Saat ini, kata Dwi Suryo, kenaikan air sisi hilir mengalami penambahan ketinggian sekitar 30 sampai 50 cm.

"Mempertimbangkan kondisi hulu PLTA mengalami kenaikan air dengan intensitas curah hujan tinggi. Maka pintu air PLTA Kotopanjang akan dibuka siang ini," kata Dwi Suryo, Jumat, 3 Maret 2017.

Simak berita Banjir Pangkalan lainnya dengan klik di sini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline