Aktual, Independen dan Terpercaya


Potret Jemaah Salat Idul Adha Pekanbaru Diselimuti Asap Pekat

Salat-Ied-1.jpg
(RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ratusan jemaah Masjid An-Nur Kota Pekanbaru harus berhadapan dengan pekatnya asap akibat kebakaran hutan dan lahan saat melaksanakan sholat Ied pada hari raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Pelaksanaan sholat Ied sendiri dilangsungkan di halaman masjid, Minggu pagi, meski pada awalnya sempat ada imbauan dari Dinas Kesehatan Riau yang meminta pelaksanaan sholat digelar di dalam ruangan masjid.

Menariknya, Gubernur Riau Syamsuar sendiri turut melaksanakan sholat Ied di lapangan Masjid An-Nur yang merupakan tempat ibadah umat muslim terbesar di Bumi Melayu itu.

Beberapa jemaah, terutama anak-anak dan wanita terlihat menutupi hidung dan mulut menggunakan masker untuk menghindari menghirup langsung udara tidak sehat.

Selain di An-Nur, pelaksanaan sholat Ied yang dilaksanakan di lapangan juga berlangsung di sejumlah tempat lainnya di Pekanbaru. Seperti di Panam, mayoritas jemaah melaksanakan kegiatan shalat Ied di lapangan.

Beberapa pengurus masjid mengaku tidak mendapat informasi berupa surat edaran yang mengimbau agar pelaksanaan dilakukan di dalam masjid. (**)