Pertamina Minta SPBU Tidak Kenakan Tarif Toilet Untuk Pemudik

SPBU-Pekanbaru2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Fasilitas toilet yang merupakan fasilitas SPBU kadang kerap dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mematok harga tarif kepada para konsumen yang singgah, terlebih di suasana mudik seperti sekarang.

Menanggapi fenomena tersebut, Manager Humas PT Pertamina Wilayah Sumbagteng, Medan, Sumatera Utara Roby Hervindo memastikan pihaknya sudah mengintruksikan persiapan mudik kepada seluruh SPBU.

"Kita sudah menyampaikan ke SPBU, karena ini sudah masuk masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri. Kita sudah melakukan kegiatan pemeriksaan SPBU, termasuk semua layanan umum di SPBU," ujar Roby, Selasa, 28 Mei 2019.

Kalau memang nantinya ada masyarakat menemukan SPBU yang menarik bayaran dan menemukan tarif, Roby mempersilahkan masyarakat melaporkan hal tersebut ke Pertamina.

Diakui Roby, ada sejumlah SPBU yang menyediakan kotak kebersihan di setiap toiletnya, namun kotak itu bukan kotak resmi dari Pertamina untuk memungut biaya perawatan.

"Kotak itu tidak resmi dari Pertamina, tapi memang ada SPBU yang membebankan biaya perawatan ke konsumen," tuturnya.

Namun, sambungnya, pengelola SPBU juga tidak boleh mematok harga dari kotak kebersihan yang disediakan tersebut.

Lebih jauh, Roby mengaku pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menunjang kelancaran mudik, terutama terkait kesediaan stok bahan bakar.