Gubernur Riau Santuni KPPS Meninggal Masing-Masing Rp20 Juta

Syamsuar-santuni-kpps.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar memberikan santunan kepada belasan ahli waris korban meninggal dunia dari ganasnya pemilu serentak 2019 di kantor KPU Riau, Senin, 6 Mei 2019.

Adapun dana bencana yang diambil dari APBD Riau itu berjumlah total 20 juta rupiah kepada ahli waris dan diserahkan secara simbolik disaksikan Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir dan Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan.

"Uangnya memang tidak boleh dibawa, nanti di transfer ke rekening," kata Syamsuar.

Mantan bupati Siak dua periode tersebut menyampaikan duka citanya kepada korban yang berjatuhan dan berharap agar apa yang dilakukan korban jiwa ini menjadi amal ibadah di akhirat.

Terkait korban yang sakit, Syamsuar menambahkan sudah ada surat keputusan dari Kementerian Kesehatan dan semua biaya pengobatan akan ditanggung oleh pemerintah.

Sedangkan bagi anak-anak dari korban meninggal, politisi PAN ini meminta agar segera berkomunikasi dengan pemerintah untuk bisa diberikan pendidikan tinggi.

"Putra putri korban ada juga yang sedang kuliah, nanti akan kita bantu, jangan sampai orang tua meninggal dia putus kuliah, kita tidak berharap begitu," tutupnya.

Sementara itu, Ketua KPU Riau Ilhamd Muhammad Yasir menjelaskan saat ini sudah ada 15 korban jiwa yang ada di Riau, 12 diantaranya adalah petugas PPS yang merupakan jajaran KPU.

"Dari KPU ada 12, ditambahkan dari Bawaslu dan Kesbangpol total ada 15 semua," katanya.

Dijelaskan Ilham, bantuan ini tidak ada kaitannya dengan bantuan yang sudah diputuskan Kemenkeu di mana korban jiwa mendapat dana santunan 36 juta rupiah.

"Kalau yang dari KPU RI itu kan dengan surat keputusan, kalau dari Pemda ini tidak diwajibkan. Tapi beberapa bupati juga sudah komunikasi dengan KPU, mudah-mudahan dibantu lah," tutupnya.