Caleg Perempuan DPR Asal Gerindra Kena OTT dengan Uang Rp 500 Juta

Gakkumdu-Tangkap-Tangan-Caleg-Gerindra.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan Riau II meliputi Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir, diamankan polisi.

Caleg tersebut diamankan saat menikmati kopi di lobi Hotel Prime Park Pekanbaru bersama tiga orang lainnya, Selasa, 16 April 2019, pukul 13.30 WIB.

Diduga caleg tersebut akan melakukan serangan fajar esok hari pas hari pemungutan suara, Rabu, 17 April 2019. Inisial mereka, SA, FEI, DAN dan FA. 

"Ada uang sekitar Rp 500 juta turut diamankan saat itu," ujar Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru, Indra Khalid Nasution, di Kantor Bawaslu Pekambaru.

Indra mengatakan, uang sebesar itu ditemukan dalam tas hitam dan diikat mengunakan karet. Pada uang tersebut juga tertulis nama daerah tujuan pengiriman uang tersebut.

"Ada nama 12 kabupaten dan kota se-Riau di ikatan uang tersebut. Sepertinya, ini akan dikirim dan untuk digunakan sebagai serangan fajar jelang Pemilu nanti," ujar Indra Khalid.

Sedangkan ketiga orang lainnya yang turut diamankan pada saat itu kata Indra masih ditelusuri. Namun kuat dugaan, ketiga orang tersebut merupakan orang suruhan Caleg tersebut untuk membagikan uang jelang pemungutan suara.

"Bisa jadi itu adalah orang suruhannya yang menerima uang itu untuk disalurkan ke daerah," ujarnya.