Aktual, Independen dan Terpercaya


Banyak ASN Ingin ke Pemprov, Suhardiman: Tunjangan dan SPPD-nya Besar

Suhardiman-Amby.jpg
(Hasbulah Tanjung)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Suhardiman Amby menduga alasan banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) dikarenakan besarnya anggaran belanja pegawai di Pemprov Riau.

Seperti yang diketahui, anggaran belanja pegawai di Pemprov Riau pada APBD 2019 mencapai hampir 6 Triliun.

Dikatakan Politisi yang kerap disapa Datuk ini, tunjangan untuk pegawai Pemprov saat ini cukup besar, apalagi anggaran untuk perjalanan dinas ASN.

"Mereka berburu tunjangan, SPPD mereka kan banyak, anggarannya saja hampir 6 T," katanya, Selasa, 2 April 2019.

Lebih jauh, Datuk mengingatkan Gubernur Riau Syamsuar agar tidak sembarangan membawa orang ke dalam lingkungan Pemprov Riau. Sebab, ia tidak menginginkan nantinya banyak pegawai yang makan gaji buta.

"Jangan sampai bawa orang cuma untuk duduk saja makan gaji buta. Nanti mereka datang terus absen jari, kemudian jalan-jalan. ya gak jelas hasilnya," tuturnya.

Gubernur, jelasnya, harus segera memetakan dengan baik beban kerja para pegawainya, dan sesuaikan dengan kompetensi di bidang ilmunya.

"Jangan sampai tidak linier dengan ilmunya, penempatan harus sesuai dengan keilmuan, jangan ada lagi menempatkan orang karena dasar dia tim sukses, dia masih ikatan kelurga dan lainnya," tutupnya.