Aktual, Independen dan Terpercaya


Hari Dirgantara. JAT Pamerkan 12 formasi Akrobat

Aksi-Akrobatik-Jupiter-Aerobatic-Team-JAT-di-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Demi memeriahkan Bulan Dirgantara, TNI-AU Jupiter Aerobatic Team (JAT) baru saja memamerkan 12 formasi akrobat kepada masyarakan Riau.

Menariknya, formasi tersebut merupakan aksi serupa yang digunakan JAT dalam Langkawi Internasional Maritime and Aerospace (LIMA) 2019, Malaysia, 26-30 Maret silam.

"Ada 12 formasi yang kita tampilkan untuk warga Pekanbaru hari ini," kata pimpinan JAT, Letkol Pnb Marcellinus, Minggu, 31 Maret 2019.

Beberapa diantaranya adalah Roll Slide, Hard, Crosster, Box Provision, Barrier Roll Formation, Tactical dan lainnya. Mereka terbang selama lebih kurang 20 menit pada Minggu siang.

Atraksi dimulai saat enam pesawat KT-1B Wong Bee tiba beriringan dari arah utara. Kemudian dua pesawat lainnya berpencar ke sisi kiri dan kanan.

Kedua pesawat itu memulai atraksi dengan terbang dari arah berlawanan dari jarak dekat dari satu dengan lainnya.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka mengatakan dengan kehadiran JAT ini, Bulan Dirgantara dalam rangka memperingati HUT TNI AU ke-73 menjadi lebih spesial.

"Antusiasme masyarakat sangat tinggi sekali. Ini adalah bagian dari perayaan HUT TNI AU yang jatuh pada 9 April mendatang," sebutnya.