Terkait Temuan kubu Prabowo, KPU Kota Pekanbaru Tuntaskan Verifikasi Faktual

KPU-ILUSTRASI.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Menindaklanjuti temuan data dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandi, KPU Kota Pekanbaru hari ini sudah menuntaskan verifikasi faktual tentang penyempurna data pemilih.

"Alhamdulillah untuk verifikasi faktual sudah kita lakukan dan berjalan dengan lancar," kata Zulfajri, anggota KPU Kota Pekanbaru Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Senin, 18 Maret 2019.

Fajri menjelaskan, ada lima kelompok yang diverifikasi, diantaranya adalah, pemilih yang lahir tanggal 1 bulan 1, tanggal 1 bulan 7, tanggal 31 bulan 12, dan yang berumur di atas 90 tahun dan di bawah 17 tahun.

"Verifikasi faktual dilakukan dengan cara mengecek langsung ke alamat si pemilih dengan dibuktikan KTP. Hasilnya, semua betul terverifikasi di lapangan," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, verifikasi faktual dilakukan dengan menarik sampel dari data yang ada. Sebelum pelaksaaan verifikasi, pihaknya terlebih dahulu melakukan penarikan undian.

"Verifikasi faktual tersebut dilakukan oleh anggota KPU dengan disaksikan oleh Bawaslu kota, perwakilan tim pemenangan 01 dan 02. Hasil verifikasi faktual ini akan kita sampaikan ke KPU RI melalui KPU provinsi," tutupnya. (Rls)