SKK Migas - EMP Bentu Apresiasi PT PSJ Mendukung Kegiatan Migas

Psj-dukung-migas.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - SKK Migas dan EMP Bentu Ltd sangat memberikan apresiasi kepada PT Peputra Supra Jaya (PSJ), perusahaan perkebunan yang beraktivitas di Kecamatan Langgam, yang mendukung kegiatan usaha hulu migas dengan terlaksananya kesepakatan pengalihan hak wilayah perkebunan menjadi lokasi sumber migas baru.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam berita acara sekaligus pembayaran kompensasi dari SKK Migas – EMP Bentu Ltd kepada PT PSJ di kantor EMP Bentu Ltd Pekanbaru, Jumat, 22 Februari 2019.

Turut hadir Kepala SKK Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut Avicenia Darwis, Direktur Utama PT PSJ Sudiono, Act Area Manager EMP Bentu Ltd Zulfan, perwakilan Kanwil BPN Riau Retno Windrati, Kepala Kantor Pertanahan Pelalawan Sutrilwan , perwakilan ESDM Riau Harya Metra, Camat Langgam Robi Ardelino, Kepala Desa Padang Luas Munir serta sejumlah staf SKK Migas Sumbagut, PT PSJ dan EMP Bentu Ltd.

Tercapainya kesepakatan ini setelah melalui rapat dan negosiasi yang cukup alot yang difasilitasi oleh SKK Migas Perwakilan Sumbagut, ESDM Provinsi Riau, BPN Riau, Badan Pertanahan Pelalawan serta aparatur pemerintah Kecamatan Langgam dan Desa Padang Luas. Nantinya lokasi sumur gas yang terletak di Desa Padang Luas tersebut akan diberi nama sumur gas Segat-7.

“Kami sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada manajemen PT PSJ yang mendukung kegiatan usaha hulu migas di Provinsi Riau. Semoga dengan kerja sama ini, target pemerintah untuk meningkatkan produksi migas nasional bisa tercapai,” kata Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Avicenia Darwis.

Menurut Avicenia, untuk menjaga ketahanan energi, maka perusahaan migas di Indonesia memang diwajibkan terus mencari cadangan-cadangan migas yang baru. Dan baru-baru ini juga telah ditemukan cadangan migas baru di Provinsi Sumatera Selatan yang diperkirakan mempunyai reserve gas bumi sebesar 2 TCF (trilliun kaki kubik).

“Kita berharap agar cadangan gas yang ditemukan di Pelalawan yang saat ini sedang dikerjakan oleh EMP Bentu, juga menghasilkan jumlah yang signifikan. Terimakasih atas kerja sama semua pihak, terimakasih semua untuk Indonesia,” ujar Avicenia.

Act Area Manager EMP Bentu Ltd, Zulfan, juga menyambut gembira kesepakatan ini. “Dengan telah dicapainya kesepakatan pelepasan hak ini, maka dalam waktu dekat kami akan segera melakukan drilling site preparation (DSP) dan melakukan pengeboran, di mana untuk sumur Segat-7 ini merupakan sumur kelima yang dikerjakan pada periode ini,” kata Zulfan.

Hal senada juga dikatakan Direktur Utama PT PSJ, Sudiono. Pihaknya mendukung kegiatan hulu migas di Tanah Air termasuk pengeboran sumur gas baru di kebun mereka.

“Kami berharap dengan kerja sama ini terjalin hubungan yang harmonis antara kami dengan EMP Bentu,” kata Sudiono. ***