Maraknya Klaim Aset Pemprov Riau, Datuk Ingatkan Kongkalikong Harus Diawasi!

Suhardiman-Amby.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Komisi III DPRD Riau Suhardiman Amby meminta kepekaan Pemprov Riau dalam menjaga aset yang saat ini dimiliki oleh Pemprov.

Ini disampaikan oleh Politisi Hanura tersebut agar tidak ada lagi oknum-oknum yang mencoba mencari keuntungan dari lemahnya administrasi.

"Riau harus peka jaga asetnya, bagaimana mungkin aset yg dulu kita beli masih murah. Lalu ketika harganya naik ada saja yang mengklaim," ungkap Legislator asal Kuansing ini, Rabu, 6 Februari 2019.

Dijelaskan Pria yang kerap disapa Datuk ini, pola "pencuri aset" ini adalah dengan merekayasa kepemilikan tanah yang memanfaatkan oknum pejabat dalam memanipulasi surat tanah.

"Kan aneh juga, kenapa oknum ini mengklaim saat harga tanah disana naik? Keaslian suratnya mesti diperiksa, rekayasa atau tidak, Kongkalikong harus diawasi, " imbuhnya.

Seharusnya pihak yang menggugat tanah milik Pemprov harus digugat balik, untuk itu Datuk mengingatkan Pemprov untuk menjaga dengan baik surat kepemilikan tersebut.

"Jangan sampai beli aset pakai uang rakyat, nanti dikuasai orang lain karena kelemahan administrasi kita, kalau dulu kan aset ini di pegang setiap dinas, sekarang dikumpulkan satu tempat," tambahnya.

Beberapa kasus seperti ini, dicontohkan Datuk adalah permasalahan sengketa tanah milik Kesbangpol dulu, SMA Plus, lahan di Universitas Riau, tanah di Sam Ratulangi dan banyak lagi kasus yang lain.

"Kita patut curiga suratnya Aspal, Saya berhwrap Pemprov segera menata ulang aset yang kita beli dengan dana APBD," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id