Jelang Pelantikan Riau 1, PKS Menanti Komitmen Syamsuar dan Alfedri

Makarius-Anwar.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Terpilih Syamsuar akan segera dilantik pada tanggal 19 Februari 2019 mendatang. Setelah dilatik, secara otomatis Syamsuar akan mengundurkan diri dari jabatan Bupati Siak.

Secara aturan perundang-undangan, Wakil Bupati Siak saat ini, Alfedri akan segera mengisi kursi Bupati Siak dan kemudian memilih wakil bupatinya.

Bendahara DPW PKS Riau Markarius Anwar mengatakan pihaknya pantas mendapatkan kursi wakil Bupati mengingat Syamsuar dan Alfedri sudah buat komitmen dengan DPP PKS.

"Ini bukan jatah istilahnya, lebih kepada hak, karena PKS sudah banyak berkontribusi kepada pak Syamsuar," ungkap Politisi yang kerap disapa Eka ini, Sabtu, 2 Februari 2019.

Dikatakan Anggota DPRD Riau Dapil Siak-Pelalawan ini, selama ini PKS selalu memberikan dukungannya kepada Syamsuar dan Alfedri dalam dua kali Pemilihan Bupati Siak.

Terlebih PKS juga turut menghantarkan mantan ketua DPD Golkar Siak tersebut menjadi Gubernur Riau terpilih bersama pasangannya Edy Natar Nasution.

"Memang di Pilbup ada partai lain seperti Hanura dan Nasdem, tapi kan yang konsisten mendukung beliau sampai Pilgubri kan PKS dan PAN," katanya.

"Kalau PAN kan sudah ada pak Alfedri, kan tidak mungkin wakilnya juga dari PAN," katanya lagi.

Pembicaraan terkait posisi Wakil Bupati ini bahkan juga sudah dibicarakan oleh Syamsuar dan Alfedri dengan DPP PKS saat meminta "perahu" guna melangkah menuju Pilgubri.

"Itu komitmennya langsung dengan DPP, kita di daerah hanya memantau saja," tegasnya.

Terkait Syamsuar yang diisukan kembali ke Golkar, Eka menyatakan berdasarkan aturan Golkar tidak bisa mengusulkan calon wakil bupati, karena Golkar tidak mengusung Syamsuar dalam Pilbup lalu.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id