Aktual, Independen dan Terpercaya


Jadwal Siaran Langsung Debat Capres 2019 Sesi I

JOKOWI-DAN-PRABOWO-Deklarasi-Kampanye-Damai.jpg
(Merdeka.com)

RIAUONLINE, JAKARTA - Kedua Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Wapres) RI tengah bersiap untuk "bertarung" di Debat Capres yang dimulai Kamis, 17 Januari 2019 besok.

Ini akan menjadi sesi pertama debat Capres 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Sebab, rencananya akan ada lima kali debat resmi sebelum hari pencoblosan, yakni tanggal 17 April 2019.

Sesi I ini dijadwalkan berlangsung pukul 19.00 WIB di Hotel Bidakara, Jakarta. Selain itu, sesi pertama debat capres 2019 Jokowi vs Prabowo ini juga akan disiarkan secara langsung dan live streaming TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri sudah menentukan tema dan jadwal untuk debat capres 2019. Tema untuk debat tersebut dibagi menjadi lima kelompok yang terdiri dari Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga tengah mempersiapkan debat pertama capres-cawapres dalam Pemilu 2019. KPU akan menyiapkan 500 undangan untuk debat perdana ini.

"Sekarang ini kita lakukan identifikasi akhir untuk mengundang undangan. Jadi undangan total ada 500," ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan dikutip dari Detikews.com.

Pasangan nomor urut 01 dan 02 akan mandapatkan jatah masing-masing 100 undangan. Selebihnya merupakan tamu undangan KPU.

"Dengan ketentuan sebagai berikut, 100 orang untuk tim 01, 100 orang tim 02, berarti kedua tim 200 ya. Nah 300 itu undangan KPU," kata Wahyu.

Para pihak yang akan diundang KPU antara lain tokoh masyarakat, akademisi, budayawan hingga LSM. Wahyu menjelaskan pihak-pihak yang akan diundang KPU memiliki latar belakang yang relevan sesuai tema debat pertama.

"Undangan KPU itu kita undang tokoh-tokoh masyarakat, dengan berbagai latar belakang yang relevan dengan tema debat. Karena ini temanya hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme tentu saja 300 orang itu sesuai tema," terang Wahyu.

Selain itu, KPU juga mengundang tokoh bangsa seperti mantan presiden BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). KPU berharap tokoh-tokoh tersebut dapat hadir di debat perdana.

"Kami juga undang tokoh bangsa, presiden ke-3, presiden ke-5, presiden ke-6 dan para mantan wapres dalam hal ini Tri Sutrisno dan Hamzah Has. KPU berharap beliau-beliau sehat, sehingga bisa hadiri undangan KPU. Pak JK tentu saja kami undang, kan beliau wapres," paparnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id