Diskusi Cinta Kasih Budha Ditolak, Ini Kata BEM UIN Suska

Ngolah-Pikiran-Ngopi-bem.jpg
(ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Agama BEM UIN Suska, Hamzah, angkat bicara terkait penolakan diskusi bertema Ngolah Pikiran (Ngopi) Cinta Kasih Budha yang digelar di UIN Suska Riau.

"Ngopi itu adalah wadah yang kita buat untuk tempat diskusi mahasiswa ataupun para peminat diskusi lainya, kita bersifat analisis dan kritis," jelas Hamzah, Kamis, 15 November 2018.

Sebagai kaum intelektualitas, lanjutnya, pihaknya ingin membedah berbagai macam masalah ataupun tema yang nanti diangkat dalam diskusi tersebut.

"Itu terserah dalam pandangan siapa, yang terpenting bisa dipertanggungjawabkan dengan baik," tambahnya.

Kemudian, tentang tema cinta kasih dalam agama Budha itu, diungkapkan Hamzah bahwa pihaknya hanya ingin mengupas dalam berbagai pandangan dan tentunya nanti dengan kritikan yang baik.

"Selanjutnya, kita tidak berbicara di aspek aqidahnya, tetapi lebih ke sosialnya, bagaimana cinta kasih yang dimaksud dalam agama Budha ini di tempat tertentu, Rohingya contohnya," paparnya.

Baca Juga: Mahasiswa UIN Suska Tolak Diskusi Cinta Kasih Budha

Seperti diketahui, di Rohingya ada semacam tindakan kekerasan yang dibuat oleh tokoh atau pemuka agama Budha tersebut. Adapun tentang tuduhan paham liberalisme, sekularisme dan pluralisme itu, Hamzah menilai itu hanya kesalapahaman saja.

"Dengan tegas saya katakan kita juga tidak penganut aliran itu, tentu sebagai kaum akademisi tidak salah menurut saya kalau kita belajar tentang hal yang berkaitannya," ulasnya.

Berkaitan rencana pembubaran itu, Hamzah hanya bisa menjelaskan dengan pengetahuannya yang telah ia terangkan di atas dan di beberapa penjelasan lainnya.

"Ya kalau masih mau membubarkan, bagaimana lagi, cuma anehnya kok bubarin tempat orang diskusi, itu aja sih," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id