Aktual, Independen dan Terpercaya


Tinggal Sedikit Lagi, Riau Punya Asrama Haji Antara

Asrama-Haji-antara-di-Riau.jpg

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim menyebutkan bahwa hampir seluruh persyaratan yang diminta oleh Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) dari Kementerian Agama RI akan segera terselesaikan.

Kesiapan itu untuk melengkapi kekurangan pembangunan asrama haji antara Riau. Permintaan yang diinginkan itu seperti pengadaan gudang sampai pendirian kantor layanan mitra bagi Kementerian Agama.

"Asrama haji tinggal sikit lagi. Kendalanya hanya tinggal gudangnya saja," katanya, Selasa, 6 November 2018.

Untuk gudang, Wan Thamrin mengatakan tidak akan merenovasi ulang bangunan asrama. Namun akan mendirikan membangun baru di area asrama.

"Jadi tidak yang seperti kemaren dibongkar-bongkar. Tapi kita bikin bangunan yang baru," jelasnya.

Menurutnya, gudang yang akan rampung sebelum pelaksanaan haji dan umrah tahun 2019 itu akan mampu menampung 450 koper jamaah ditambah dengan angkutan air zam-zam.

"Dari awal semula kita rencananya kan pakai gudang bandara. Tapi mereka tak setuju. Nantinya gudang itu akan bisa menampung 450 buah koper jamaah," jelasnya.

Sebelumnya Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Nizar Ali menjamin bahwa tahun 2019 akan menjadi tahun yang menggembirakan bagi jamaah haji asal Riau.

Pasalnya, di tahun itu nanti jamaah haji asal Bumi Lancang Kuning sudah bisa mempergunakan asrama untuk kepentingan ibadah hajinya. Sehingga para jamaah tidak lagi mengeluarkan biaya ekstra sebesar Rp 5 - Rp 6 juta seperti sebelumnya.

"Tahun 2019 jamaah haji asal Riau sudah bisa menggunakan asrama haji antaranya," katanya, Senin, 16 Oktober 2018.

Asrama Haji Antara sudah bisa digunakan tahun depan setelah Pemerintah Provinsi Riau melengkapi fasilitas yang dianggap tidak memenuhi standar asrama haji antara. Seperti musalla, kamar tidur dan fasilitas pendukung lainnya.

"Untuk kantor tidak ada masalah. Kemudian aula penerimaan dan pemberangkatan sudah clear. Tapi toiletnya belum ada. Pakai saja toilet portable. Untuk kamarnya sudah dihitung memenuhi satu kloter ditambah tempat menginap untuk petugas," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id