Meski Minim Aggaran, MTQ Riau Tahun ini Dijamin Tetap Khusyuk

Ilustrasi-MTQ.jpg
(Harian Singgalang)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Asisten I Bidang Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Riau, Ahmad Syah Haroffie mengungkapkan bahwa Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Riau ke-XXXVII Tahun 2018 dilaksanakan dalam kondisi minim anggaran.

Meskipun demikian, ia memastikan iven keagamaan ini akan tetap khusyuk meskipun secara sederhana. Dengan kata lain, tidak sedikitpun akan mengurangi nilai esensial yang terkandung didalamnya.

Karena, kegiatan tersebut telah mereka persiapkan dengan baik dan matang bersama pihak swasta yang berkompeten dalam menyelenggarakan kegiatan tahunan seperti ini.

"Walaupun MTQ kita seperti ini (minim anggaran), tidak mengurangi kemusabaqohannya dan kesyairannya. Karena tidak menutup kemungkinan akan melibatkan pihak swasta," jelasnya, Sabtu, 3 November 2018.

Selain itu, upaya ini juga untuk menjaga kehadiran daerah Dimata nasional. Serta memperlihatkan kehadiran daerah dalam pelaksanaan MTQ tingkat provinsi.

Harapannya, jika sampai tidak terlaksana, Riau ditakutkan tidak bisa mengirimkan putra-putri terbaiknya di kancah nasional.

"Ada tiga hal kalau MTQ sampai ditiadakan. Pertama pembinaan terhenti sampai di tingkat Kabupaten. Terakhir jika sampai ditiadakan, maka tidak ada pula provinsi yang ikut MTQ di tingkat nasional. Untuk hasil, soal kedua itu," jelasnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Riau, Ahmad Hijazi menilai bahwa pengurangan anggaran untuk MTQ tahun ini akan menyasar kegiatan yang bersifat seremonial.

Bukan juga sederhana dan hanya menyasar pada inti pokok dari pelaksanaan MTQ tersebut.

"Jadi yang bersifat seremonial akan dikurangi dan betul-betul ke substansi kemusabaqohnya. Dengan kemasan yang lebih substansial bukan pula sederhana," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id