PETI di Riau Terindikasi Picu Konflik, Komnas HAM Turun Tangan

Komnas-HAM.jpg
(SINDOnews)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengunjungi Riau untuk menindaklanjuti penerapan regulasi terkait UU terhadap Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau

Selain itu, Kepala Biro Penegakan HAM Komnas HAM RI, Johan Efendi mengatakan di Riau pihaknya juga turut melakukan peringatan dini agar dampak yang ditimbulkan oleh PETI di Riau ini tidak mendatangkan konflik hingga merenggut korban jiwa.

"Selain dari yang itu, kita juga memberikan peringatan secara dini untuk jangan sampai ada konflik terkait PETI ini. Meskipun memang belum ada laporannya," katanya, Jumat, 19 Oktober 2018.

Tambahnya, Pemprov Riau harus bertindak tegas dalam menyikapi permasalahan tambang ilegal ini. Sebab menurut data yang mereka dapatkan, tiga wilayah di Riau seperti Kuantan Singingi, Kampar dan Indragiri Hulu disebut-sebut sebagai lokasi terbanyak yang memiliki wilayah PETI.

"Kemarin kami sudah ke Kuansing, Kampar dan Inhu terkait PETI ini. Meskipun gak ada yang ngadu. Tapi karena berdampak hingga ke wilayah lain dan bisa jatuh korban jiwa. Ini harus diwaspadai," jelasnya.

Baca Juga: Komnas HAM Kunjungi Riau Gara-Gara PETI

Sementara itu pada kesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau, Indra Agus Lukman mengatakan bahwa untuk tahun 2018 ini saja, sudah lebih dari 10 kasus PETI yang sudah sampai hingga ke meja hijau.

Meskipun sudah banyak yang masuk hingga ke pengadilan, upaya-upaya preventif juga turut mereka lakukan dalam memberantas salah satu mata pencahrian masyarakat tersebut.

"Untuk tahun 2018, kasus yang sudah sampai ke ranah hukum lebih dari 10 kasus. Tapi teman-teman yang kerja dilapangan juga lakukan cara-cara preventif. Karena masyarakat kita ini masih berpikir bahwa kita punya tanah itu sampai ke dalam-dalamnya. Padahal tidak. Nah disana kita coba edukasi mereka," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id