Parah, Begini Penampakan Karhutla di Dumai

Karhutla-Dumai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setidaknya 12 hektar lahan gambut di Desa Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai mengalami kebakaran lahan sejak dua pekan terakhir.

Berdasarkan pantauan RIAUONLINE.CO.ID, dua unit helikopter hilir mudik untuk melakukan tindakan bom air guna membasahi lahan yang mengalami kebakaran.

Selain itu, terlihat pula sejumlah Masyarakat Peduli Api (MPA) beserta puluhan Satgas Karhutla yang bersama-sama melakukan pembasahan di lahan gambut yang sudah terbakar.

Baca Juga BPBD Riau Desak Pemkot Dumai Perpanjang Status Karhutla

Kapolsek Medang Kampai, AKP Ade Rukmayadi mengatakan kebakaran ini sudah terjadi sejak dua pekan belakangan dan diprediksi akan semakin melebar mengingat hujan yang tidak kunjung turun sejak Ramadhan lalu.

"Tanggal 6 mulai kebakaran, awalnya hanya 1,5 hektar tapi ada titik-titiknya, dua hari itu sudah hilang, tapi tiba-tiba terbakar lagi," ungkap Ade, Kamis, 19 Juli 2018.

Sementara itu, kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead yang melakukan peninjauan langsung menyampaikan apresiasinya kepada Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sudah bertindak cepat dalam mengantisipasi melebarnya kebakaran.

Klik Juga Hingga Juli 2018, Luas Karhutla di Riau Capai 2.000 Hektar Lebih

"Kita bersyukur karena apa yang sudah kita fasilitasi bisa dipakai oleh masyarakat setempat," ujarnya.

Ditambahkan Nazir, lahan ini merupakan lahan konservasi yang mana akan segera dihijaukan. Sejauh ini pihaknya bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (BKSDAE) sudah melakukan koordinasi.

"BBKSDAE sudah mempersiapkan masyarakat untuk itu (penghijauan), anggaran akan turun minggu depan, itu akan segera dilaksanakan," tuturnya.

Lihat Juga Seluruh Helikopter Kerahkan Atasi Karhutla 5 Wilayah Riau

Selanjutnya, Nazir beserta Deputi IV BRG Harris mengunjungi kantor lurah Medang Kampai guna menggelar diskusi dan menampung keluh kesah masyarakat setempat.

Dalam diskusi tersebut hadir pula Kepala Dinas LHK Provinsi Riau dan juga Profesor Ashaluddin Jalil dan juga lurah Medang Kampai.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id