Aktual, Independen dan Terpercaya


Catat! Jadwal Penerimaan Murid Baru SD dan SMP di Pelalawan

Ilustrasi-Sekolah.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan menetapkan jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 tingkap SD dan SMP akan dimulai pada Senin, 25 Juni 2018.

Kepala Disdik Pelalawan Syafruddin, menuturkan, PPDB akan digelar serentak di seluruh Kabupaten Pelalawan selama tiga hari, yakni hingga Rabu, 27 Juni 2018 dan dilaksanakan langsung di sekolah masing-masing. Namun, jadwal penerimaan murid baru ini hanya berlaku untuk tingkat SD dan SMP negeri.

"PPDB itu serentak untuk seluruh kabupaten dan kota di Riau. Untuk persoalan teknisnya akan kembali dirapatkan," ungkap Syafruddin, Jumat, 22 Juni 2018.

Lebih lanjut, Kepala Bidang SMP Disdik Pelalawan, Mahnizar, mengatakan usai pendaftaran, pihak sekolah akan menggelar tes ataun ujian untuk menyaring para pendaftar sesuai kemampuan calon siswa.

Disdik Pelalawan akan menerapkan sistem zonasi pendaftaran. Sehingga sekolah akan memprioritaskan warga yang tinggal di sekitar sekolah. Pasalnya, hal ini kerap menjadi polemik di Pelalawan, khususnya di Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras.

"Seleksi dilakukan untuk menyaring siswa baru. Apalagi setiap tahun pendaftar membludak," tutur Mahnizar

Penyaringan ini, tentunya akan disesuaikan dengan daya tampung pada setiap sekolah. (****)