Aktual, Independen dan Terpercaya


Plt Gubri: Riau Siap Kawal Arus Mudik Lebaran 2018

Plt-Gubri-usai-rapat.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim secara tegas mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau telah siap mengawal serta memastikan kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri 1439 H ini agar berjalan dengan baik dan lancar.

"Kita Provinsi Riau telah siap menghadapi arus mudik lebaran tahun 2018 ini," katanya usai memimpin rapat koordinasi menjelang mudik lebaran bersama jajarannya, Rabu, 6 Juni 2018.

Mulai dari bidang transportasi udara, darat dan laut sampai pengamanan sebelum dan sesudah arus mudik lebaran telah dipersiapkannya dengan baik dan matang.

Seperti pengamaan yang dilakukan oleh Polda Riau. Kepala Polisi Daerah Riau, Inspektur Jenderal Polisi, Nandang menegaskan bahwa dirinya telah mempersiapkan ribuan pasukan selama mudik lebaran mendatang.

Baca Juga Wow... Angka Pemudik Lewat Udara Meningkat Hingga Segini

"Untuk saat ini kita lebih meningkatkan kewaspadaan dengan melibatkan 1.399 pasukan gabungan seperti Polri, TNI, dinas dan instansi lain sampai melibatkan teman-teman dari organisasi," jelasnya.

Begitu juga dengan kesiapan dengan transportasi udara dalam menyambut musim mudik lebaran tahun ini.

General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait mengatakan bahwa mereka telah menyediakan penerbangan tambahan (extra flight) karena telah terjadi lonjakan penumpang dimulai dari H-6 menjelang lebaran sampai H+10 sesudah berakhirnya masa cuti dan libur lebaran.

"Untuk tahun ini, telah terjadi peningkatan sebesar 12-14 persen jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu. Sehingga dengan peningkatan ini dilakukan extra flight sebesar 128 penerbangan dengan 12 penerbangan domestik dan 4 penerbangan internasional," tegasnya.

Sementara untuk angkutan darat, Kepala Dishub Riau, M Taufiq OH melakukan pengujian kelayakan sopir dan kendaraan angkutan darat menjelang arus mudik 2018 mendatang.

Klik Juga Jelang Arus Mudik, Dishub Riau Periksa Kelengkapan Angkutan Darat

"Untuk kelayakan jalan memang pengujinya ada di Kabupaten dan Kota. Cuma Provinsi melakukan run check bahwa mereka harus layak jalan," tqmbahnya.

Uji yang biasa dilakukan itu seperti fokus kepada kondisi ban, rem apakah dalam keadaan baik dan pakem serta seluruh lampu-lampu sampai mesin yang menurutnya harus dalam keadaan prima dan siap jalan.

"Pemeriksaan kelayakan itu seperti ban, rem, lampu-lampu dan mesin dimana semuanya itu harus dalam kondisi fit," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id