Inilah Langkah Cepat Pemprov Riau Demi Fungsikan Embarkasi Haji Antara

Plt-Gubri-tinjau-embarkasi-haji.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Demi mempercepat penggunaan Embarkasi Haji Antara Riau, Pemerintah Provinsi Riau pun akhirnya melakukan langkah cepat dengan bertandang ke Jakarta bertemu Kepala Staf Kepresidenan RI.

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan dalam pertemuan itu, Kepala staf Kepresidenan RI, Moeldoko menyambut baik langkah sigap Pemprov Riau yang ingin segera memfungsikan Embarkasi Haji Antara Riau.

"Intinya Moeldoko merespon positif dan akan menindaklanjuti pada kesempatan pertama," katanya, Rabu, 23 Mei 2018.

Jika benar artinya CJH asal Riau di tahun ini akan dapat mempergunakan Embarkasi Haji Antara.

Selain itu, menurutnya, jika pertemuan tidak dilakukan dengan segera, dikhawatirkan mereka tidak mampu menampung ribuan jamaah karena penyelenggaraan ibadah haji hanya tinggal menunggu waktu dua bulan saja.

"Oleh karena itu, sisa waktu dua bulan ini kita mampu mempersiapkan sanitasi lingkungan, pelelangan, asrama, makan sampai keperluan lainnya. Kalau tidak diizinkan, maka kita tidak akan siapkan itu," jelasnya.

Yang lebih hebatnya lagi jika sudah difungsikan, Embarkasi Haji Antara Riau akan mampu menyelamatkan uang jamaah senilai Rp 6 juta.

"Apabila tidak juga, transportasi lokal akan dikeluarkan Rp 6 juta setiap CJH. Lain kalau kita telah memiliki embarkasi. Biaya trasnportasi itu akan menjadi beban Daerah," tegasnya.